OptimasiI Formula Rumput Laut Cokelat (Sargassum sp.), Kayu manis (Cinnamomum burmannii) dan Teh hijau (Camelia sinensis) sebagai minuman fungsional penghambat α-glukosidase

Mubarak, Rahmat Rizqun (2018) OptimasiI Formula Rumput Laut Cokelat (Sargassum sp.), Kayu manis (Cinnamomum burmannii) dan Teh hijau (Camelia sinensis) sebagai minuman fungsional penghambat α-glukosidase. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sargassum sp. merupakan jenis tanaman alga cokelat yang mampu menghambat aktivitas α-glukosidase. Kayu manis merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang memiliki banyak kegunaan sebagai bahan minuman fungsional. Kayu manis mampu menghambat aktivitas α-glukosidase. Teh Hijau (Camellia sinensis) merupakan minuman yang sangat populer dan memiliki kandungan polifenol. Teh hijau mempunyai senyawa aktif alkaloid, flavonoid, terpenoid, steroid, tanin, dan saponin yang mampu menghambat aktivitas α-glukosidase. Minuman fungsional merupakan pangan alamiah yang diketahui mampu mempunyai fungsi untuk pencegahan penyakit. Formulasi dari Sargassum sp., kayu manis dan teh hijau memiliki efek dalam penghambatan aktivitas α-glukosidase. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui optimasi Sargassum sp., kayu manis (Cinnamomum burmannii) dan teh hijau (Camellia sinensis) sebagai minuman fungsional yang mampu dalam menghambatan aktivitas α-glukosidase. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari sampai Mei 2018 di Laboratorium Perekayasaan Hasil Perikanan, Laboratorium Biosains Universitas Brawijaya Malang, dan Laboratorium Nutrisi Ikani dan Pakan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya Malang, Analisis LC-MS/MS dilakukan di Pusat Laboratorium Forensik, Badan Reserse Kriminal Polri Jakarta Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Penelitian ini terbagi menjadi dua tahap. Yakni penelitian pendahuluan dan penelitian utama. Penelitian pendahuluan dilakukan menentukan konsentrasi ekstrak Sargassum sp., ekstrak kayu manis, dan teh hijau yang akan difgunakan dalam penelitian utama. Penelitian utama dilakukan untuk menentukan optimasi dan formulasi minuman fungsional mengunakan software Design expert v 11 dengan metode optimasi Respone Surface Method (RSM), Box- Behnken dengan ketiga bahan yaitu konsentrasi ekstrak Sargassum sp (S1), ekstrak kayu manis (S2), dan ekstrak teh hijau (S3). Variabel respon yang terdiri dari pH (A1), rasa (A2), kenampakan (3), aroma (A4), total polifenol (A5), penghambatan α-glukosidase (A6) dan pengujian LC-MS/MS. Data uji kemudian dianalisis menggunakan ANOVA (Analysis of Variance) untuk mengetahui pengaruh setiap respon. Hasil penelitian pendahuluan diperoleh hasil titik tengah untuk konsentrasi Sargassum sp. 10% dengan pH 7,2. Pada ekstrak kayu manis diperoleh titik tengah 10% dengan nilai pH 7,16. Pada ekstrak teh hijau diperoleh titik tengah pada konsentrasi 5% dengan pH 6,75. Hasil Penelitian utama yang disarankan pada program Design Expert v 11 yaitu ekstrak Sargassum sp. 10%, ekstrak kayu manis 10% dan ekstrak teh hijau 5%. Formulasi antara Sargassum sp., kayu manis dan teh hijau belum menunjukkan hasil yang sinergitas antara ketiga bahan karena adanya sifat antagonis antar bahan.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/880/051811664
Uncontrolled Keywords: -Minuman fungsional
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 641 Food and drink > 641.2 Beverages (drinks)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 05 Aug 2019 01:34
Last Modified: 16 Mar 2022 04:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165147
[thumbnail of Rahmat Rizqun Mubarak.pdf]
Preview
Text
Rahmat Rizqun Mubarak.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item