Pengaruh Pemberian Pakan Larva Kumbang Beras (Tenebrio molitor) Dengan Level Berbeda Terhadap Kelangsungan Hidup, Pertumbuhan Dan Protein Efisiensi Rasio Benih Ikan Gabus (Channa striata)

Al Aziz, Gamal (2018) Pengaruh Pemberian Pakan Larva Kumbang Beras (Tenebrio molitor) Dengan Level Berbeda Terhadap Kelangsungan Hidup, Pertumbuhan Dan Protein Efisiensi Rasio Benih Ikan Gabus (Channa striata). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ikan gabus (Channa striata) merupakan jenis ikan ekonomis penting diperairan umum dan potensial untuk dikembangkan. Ikan gabus memiliki keunggulan antara lain sebagai pangan yang kaya nutrisi dan kandungan albumin yang tinggi. Kendala produksi ikan gabus yang masih rendah disebabkan oleh proses adaptasi yang sulit terhadap pakan buatan (pelet) yang diberikan. Ikan gabus tergolong ikan karnivora sehingga lebih tertarik pada pakan yang bergerak dibandingkan pelet. Salah satu pakan alternatif lain yang dapat digunakan adalah larva kumbang beras (Tenebrio molitor). Larva kumbang beras berpotensi sebagai pakan ikan karena kandungan nutrisi yang tinggi. Penggunaan larva kumbang beras sebagai pakan alternatif pada ikan masih sedikit karena belum diketahui secara jelas pengaruhnya terhadap kelangsungan hidup, pertumbuhan dan protein efisiensi rasio pada benih ikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan menggunakan kontrol pelet dengan dosis 5% dan 3 perlakuan dengan dosis berbeda (5%, 10%, 15%) yang dilakukan pengulangan 3 kali. Parameter utama yang digunakan dalam penelitian ini antara lain kelangsungan hidup, laju pertumbuhan spesifik, konversi pakan dan protein efisiensi rasio dengan parameter penunjang adalah kualitas air. Penelitian dimulai dengan melakukan persiapan alat dan bahan seperti setting akuarium, adaptasi benih ikan gabus, pemeliharaan benih ikan gabus (1,84±0,005 gram) pada akuarium (20 liter) dengan kepadatan 1 ekor/liter, pemberian dosis pakan berbeda (5%, 10%, 15%) dari biomas ikan gabus dalam sehari. Pengukuran parameter kualitas air (suhu, DO, pH) dilakukan 2 kali dalam sehari pada pukul 08.00 WIB dan 16.00 WIB. Sampling berat ikan yang dilakukan setiap 10 hari selama penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pakan kumbang beras dengan level yang berbeda berpengaruh terhadap kelangsungan hidup, pertumbuhan dan protein efisiensi rasio pada benih ikan gabus. Perlakuan terbaik terdapat pada perlakuan B (10%) dengan kelangsungan hidup 100%, laju pertumbuhan spesifik 3,12 %BB/Hari, konversi pakan 1,04 dan protein efisiensi rasio 1,79. Pada perlakuan C (15%) didapatkan hasil laju pertumbuhan spesifik satu notasi dengan perlakuan B, konversi pakan tertingi dan hasil protein efisiensi terendah hal ini disebabkan benih ikan gabus tidak menghabiskan pakan yang diberikan dan masih terdapat sisa pakan. Jika dibandingkan dengan perlakuan kontrol, perlakuan B memberikan kenaikan kelangsungan hidup benih ikan gabus sebesar 13%, laju pertumbuhan spesifik sebesar 166%, konversi pakan sebesar 70% dan protein efisiensi rasio sebesar 152%. Larva kumbang beras (Tenebrio molitor) dapat direkomendasikan sebagai pakan alternatif ketika pakan buatan mengalami kendala.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/890/051811674
Uncontrolled Keywords: Budidaya Ikan Gabus, Channa striata, Pakan, Larva Kumbang Beras
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.3 Culture of cold-blooded vertebrates
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 22 Apr 2019 07:37
Last Modified: 16 Mar 2022 03:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165108
[thumbnail of Gamal Al Aziz.pdf]
Preview
Text
Gamal Al Aziz.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item