Analisis Efektifitas Dan Persentase Daya Tahan Umpan Terhadap Hasil Tangkapan Keong Macan (Babylonia Spirata L.) Pada Alat Tangkap Bubu Di Perairan Ujung Pangkah Kabupaten Gresik

Abdillah, Moh. Anshor (2018) Analisis Efektifitas Dan Persentase Daya Tahan Umpan Terhadap Hasil Tangkapan Keong Macan (Babylonia Spirata L.) Pada Alat Tangkap Bubu Di Perairan Ujung Pangkah Kabupaten Gresik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Wilayah laut indonesia yang terletak di daerah tropis menjadikan keanekaragaman hayati lau tindonesia tertinggi di dunia. Sumberdaya perikanan laut terutama pada perairan pantai yang keanekaragaman ekosistem dan variabilitas organisme laut sangat penting bagi kehidupan sebagian masyarakat indonesia. Ikan karang, rajungan, kepitingbakau, siput macan, ikan pelagis lainnya sering berimigrasi ke perairan pantai sehingga keanekaragaman hayati laut begitu penting untuk kehidupan sosial-ekonomi. Keong macan merupakan salah satu spesies anggota Gastropoda yang bernilai ekonomis penting. Ada berbagai macam umpan yang bisa digunakan, diantaranya: umpan alami dan umpan buatan. Umpan alami bisa berupa: ikan tembang, keong, dankerang-kerangan. Bubu merupakan alat tangkap yang menggunakan umpan alami berupaikan tembang. Ikan tembang sering digunakan sebagai umpan karena harganya murah, mudah diperoleh, dan masih memiliki kesegaran yang cukup baik. Dari uraian diatas maka perlu adanya penelitian umpan dan lama perendaman yang berbeda supaya diketahui umpan yang lebih efektif. Dalam penelitian ini menggunakan tiga umpan yang berbeda yaitu : ikan tembang dan ikan mimi. Adapun tujuan yang akan dicapai dari penelitian ini antara lain untuk mengetahui hasil tangkapan keong macan dengan alat tangkap bubu. Kedua mengetahui perbedaan hasil tangkapan keong macan dengan alat tangkap bubu menggunakan umpan ikan tembang dan ikan mimi. Selain itu untuk mengetahui daya tahan masing-masing umpan yang berpengaruh pada lama perendaman alat tangkap bubu. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah melakukan observasi, wawancara dan juga dokumentasi, ini dilakukan untuk mengetahui jumlah hasil tangkapan keong macan dengan alat tangkap bubu, dan juga dengan menggunakan metode experimental fishing, dimana data didapatkan dengan melakukan uji coba penangkapan dilapang. Pengambilan data dilakukan dengan melakukan operasi penangkapan selama 15 kali percobaan dengan jumlah setting sebanyak dua kali perharinya. Data berupa jumlah hasil tangkapan terlebih dahulu diuji kenormalannya menggunakan uji Kolmogorov-smirnov. Uji ini mempunyai fungsi yang sama dengan uji Liliefors yakni untuk menguji kenormalan data. Apabila data menyebar maka data akan di analisis dengan uji T, tetapi apabila data tidak menyebar normal maka data akan di analisis dengan menggunakan uji HKruskal- Wallis. Jumlah hasil penangkapan dengan menggunakan umpan mimi sebanyak 2804 ekor sedangkan menggunakan ikan tembang sebanyak 1220 ekor. Nilai thitung> ttabel atau nilai signifikansinya lebih kecil dari taraf nyata 5% maka disimpulkan terdapat perbedaan hasil tangkapan antara kelompok umpan mimi dengan umpan tembang di mana rata-rata hasil tangkapan yang menggunakan umpan mimi lebih tinggi dari pada menggunakan umpan tembang.Dari hasil jumlah persentase daya tahan umpan maka dapat disimpulkan bahwa umpan mimi lebih efektif daripada umpan tembang karena mimi mempunyai daya tahan lebih lama dibandingkan dengan tembang.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/914/051811913
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.1 Hunting
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 23 Oct 2019 02:55
Last Modified: 16 Mar 2022 02:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165099
[thumbnail of Moh. Anshor Abdillah.pdf]
Preview
Text
Moh. Anshor Abdillah.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item