Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Pantai Kondang Merak Sebagai Repreentasi Penyadaran Lingkungan Kepada Mahasiswa Universitas Brawijaya (Studi Perfomance Research Komunikasi Lingkungan

Amalia, Riski Dwi (2018) Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Pantai Kondang Merak Sebagai Repreentasi Penyadaran Lingkungan Kepada Mahasiswa Universitas Brawijaya (Studi Perfomance Research Komunikasi Lingkungan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini berangkat dari kurangnya kesadaran mahasiswa terkait isuisu lingkungan dan tidak memiliki acuan role model dalam melakukan pemberdayaan masyarakat di bidang lingkungan. Penelitian ini berusaha menjawab pertanyaan penelitian tentang bagaimana melakukan literasi lingkungan kepada mahasiswa menggunakan kajian komunikasi lingkungan khususnya representasi alam dalam budaya populer. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode performance research dengan ground theory. (1) Hasil analisis data menemukan bahwa; Mahasiswa Universitas Brawijaya memerlukan cara-cara yang unik dalam melakukan penyadaran lingkungan untuk mendapatkan perhatian mereka. (2) Pantai Kondang Merak merupakan salah satu contoh kasus isu lingkungan di Malang Raya yang perlu dijadikan ontoh dalam strategi penyadaran hingga pengembangan masyarakat berkenjutan. (3) Tahapan penelitian yang ditemukan oleh peneliti selama menggunakan metode perfomance research di bidang lingkungan yakni obervasi, FGD, pematangan konsep penyadaran isu lingkungan, pertemuan dengan aktor yang akan diajak kolaborasi, pelaksanaan kegiatan. (4) Penyadaran isu-isu lingkungan kepada mahasiswa dapat menggunakan media seni untuk menarik mint mereka salah satunya menggunakan metode perfomance research.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/1137/051901583
Uncontrolled Keywords: Komunikasi lingkungan , Performance Research, Pantai Kondang Merak
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities > 307.1 Planning and development > 307.121 6 City planning
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 21 Oct 2019 08:49
Last Modified: 25 Oct 2021 04:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165083
[thumbnail of Riski Dwi Amalia.pdf]
Preview
Text
Riski Dwi Amalia.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item