Analisis Kelayakan Finansial Usaha Bandeng Presto Pada UD. Rindang di Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Sulistyono, Angga Dwi (2018) Analisis Kelayakan Finansial Usaha Bandeng Presto Pada UD. Rindang di Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Sebagian besar wilayah Indonesia berupa perairan dengan luas wilayah laut mencapai 5,8 juta km2 dengan panjang garis pantai mencapai 81.000 kilometer. Potensi perairan tersebut dapat menghasilkan ± 6,7 juta ton ikan per tahun Pengolahan Bandeng Presto dapat membuat tulang ikan menjadi lebih lunak sehingga konsumen tidak perlu khawatir terhadap duri ikan bandeng, karena duri akan menjadi lunak dan mudah untuk dimakan. Faktor lain yang mempengaruhi orang membeli Bandeng Presto adalah karena rasa, secara indeks sebesar 28% orang memilih Bandeng Presto karena rasa. Salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yakni Kabupaten Pati menjual perikanan darat dalam bentuk Bandeng Presto, Bandeng Presto Juwana merupakan salah satu makana khas Kabupaten Pati dan Bandeng Presto merupakan oleh-oleh yang terkenal di daerah Jawa Tengan. Tujuan dilakukan penelitian ini di usaha bandeng presto UD.Rindang yaitu untuk mengetahui dan menganalisis :Aspek teknis, pemasaran dan manajemen dalam pengolahan bandeng presto, Kelayakan finansial usaha pengolahan bandeng presto, Faktor penghambat dan pendukung pada usaha bandeng presto di UD.Rindang Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan dengan cara mengumpulkan data kemudian diolah. Hasil yang keluar akan menentukan layak atau tidaknya. Analisis data dilakukan secara kuantitatif, yaitu dengan cara menghitung NPV,RC ratio, IRR, dan PP menggunakan rumus analisis kelayakan finansial. Berdasarkan hasil penelitian tentang Analisis kelayakan usaha Bandeng Presto pada UD. Rindang di Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, dapat disimpulkan Pelaksanaan dari segi aspek Teknis, Pemasaran dan Manajemen sudah diterapkan di UD.Rindang dan sudah berjalan dengan baik dan selalu di awasi oleh pemilik usahanya langsung, hal ini bertujuan apabila ada kesalahan atau kendala yang dialami oleh usaha bandeng presto baik di bagian Teknis, Pemasaran atau Manajemen dapat langsung diberikan solusi dan penanganan dengan cepat agar tidak menghambat jalannya usaha bandeng presto tersebut. UD. Rindang dinyatakan layak untuk dijalankan, dilihat dari nilai NPV, Net B/C, IRR dan PP dan usaha bandeng presto tersebut tidak begitu sensitif apabila ada kenaikan biaya atau penurunan benefit sekalipun. Adapun beberapa faktor penghambat yang ada di usaha Bandeng Presto UD.Rindang seperti harga yang tinggi, bahan baku yang susah di dapat dan pesaing yang kian banyak tetapi pemilik usaha sudah mempunyai solusi yang tepat untuk menangani beberapa faktor penghambat tersebut serta pemilik sangat memanfaatkan beberapa faktor pendukung yang ada seperti dekat dengan bahan baku, sudah memiliki pelanggan tetap, dan kalitas yang bagus, itu menjadi nilai plus yang tetap dipertahankan dan terus dikembangkan oleh pemilik usaha.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/956/051811996
Uncontrolled Keywords: Bandeng presto
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 641 Food and drink > 641.6 Cooking specific materials > 641.69 Cooking game and seafood > 641.692 Fish
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 27 Sep 2019 06:50
Last Modified: 27 Sep 2019 06:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165020
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item