Analisis Hematologi Ikan Mas (Cyprinus carpio) dan Ikan Lele (Clarias sp.) Menggunakan Hematology Analyzer Tools dan Secara Manual di Balai Benih Ikan Penataan, Pasuruan, Jawa Timur

Asmara, Sekar Dewi (2018) Analisis Hematologi Ikan Mas (Cyprinus carpio) dan Ikan Lele (Clarias sp.) Menggunakan Hematology Analyzer Tools dan Secara Manual di Balai Benih Ikan Penataan, Pasuruan, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Budidaya ikan di perairan umum merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan produksi perikanan melalui perluasan lahan perikanan dengan memanfaatkan perairan umum. Budidaya ikan lele merupakan salah satu jenis usaha yang semakin berkembang. Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang sudah dibudidayakan secara komersial oleh masyarakat Indonesia terutama di pulau Jawa. Selain budidaya ikan lele, ikan mas juga menjadi primadona dalam masyarakat Indonesia, dikarenakan harga murah dan pemeliharaannya yang mudah. Ikan mas merupakan salah satu ikan air tawar yang mempunyai nilai ekonomis penting, sehingga ikan mas banyak dibudidayakan oleh masyarakat. Penyakit dapat menyebabkan terjadinya penurunan produksi ikan, baik secara kuantitas maupun kualitas. Salah satu cara untuk membantu mendiagnosa adanya penyakit pada ikan yaitu melalui pemeriksaan darah. Dalam laboratorium jumlah sel darah dihitung menggunakan bantuan haemocytometer yang diamati menggunakan mikroskop dan dilakukan penghitungan secara langsung menggunakan handtally counter. Metode penghitungan jumlah sel dalam darah terus berkembang hingga saat ini, dan merupakan tantangan bagi para peneliti untuk terus meningkatkan akurasi perhitungannya. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 13 Februari sampai 29 Maret 2018 bertempat di Balai Benih Ikan Penataan, Pasuruan Jawa Timur, Laboratorium Budidaya Ikan divisi Penyakit dan Kesehatan Ikan dan Laboratorium Ilmu Teknologi Hasil Perikanan divisi Keamanan Hasil Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya, Malang. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan Metode eksperimen. Data yang diperoleh dari penelitian eksperimen yaitu data sel eritrosit dan sel leukosit yang didapatkan dengan cara perhitungan secara manual menggunakan handtally counter dan perhitungan secara sistem menggunakan Hematology Analyzer Tools yang di uji menggunakan uji tabel t. Sedangkan data yang diperoleh dari penelitian deskriptif yaitu data hasil perhitungan hematokrit, hemoglobin, dan diferensial leukosit. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat perhitungan sel eritrosit dan sel leukosit pada ikan mas dan ikan lele dengan menggunakan hematology analyzer tools berpengaruh terhadap hasil perhitungan sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan hematology analyzer tools ini lebih baik daripada perhitungan manual menggunakan handtally counter. Karena dengan adanya hematology analyzer tools ini maka dapat membantu dalam menghitung sel eritrosit dan sel leukosit secara cepat dan akurat. Untuk mengetahui gambaran komponen hematokrit, haemoglobin, dan diferensial leukosit, dapat dilihat pada hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai hematokrit, haemoglobin, dan diferensial leukosit pada ikan mas dan ikan lele masih dalam kisaran normal.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/415/051805977
Uncontrolled Keywords: Hematologi, Ikan Mas, Ikan Lele, Hematology Analyzer
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 597 Cold-blooded vertebrates
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 22 Mar 2019 07:15
Last Modified: 22 Mar 2019 07:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164954
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item