Strategi Corporate Comunication Pada Perusahaan Jasa Perhotelan Dengan Perusahaan E-Commerce Di Bidang Online Travel Agency (OTA)

Amalia, Nisrina Yola (2018) Strategi Corporate Comunication Pada Perusahaan Jasa Perhotelan Dengan Perusahaan E-Commerce Di Bidang Online Travel Agency (OTA). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi di masyarakat telah merubah aspek kehidupan: komunikasi, edukasi, bisnis, dan perdagangan (O’Conner, 2003). Maka dari itu, banyak perusahaan yang saat ini telah memanfaatkan internet dalam melakukan kegiatan bisnisnya. Salah satunya adalah perusahaan yang bergerak di bidang hospitality. Sejak adanya internet, banyak hotel yang memanfaatkan online travel agencies (OTA) untuk memasarkan kamar ke khalayak yang lebih luas. Adanya kerjasama dengan OTA mengharuskan hotel untuk menggunakan e-commerce untuk memudahkan kegiatan kerjasama, khususnya B2B commerce. Salah satu hotel yang telah memanfaatkan e-commerce adalah Swiss-Belinn Malang, yang terletak di Jalan Veteran 8A, Malang, Jawa Timur. Dalam penelitian ini, peneliti ingin mengetahui strategi komunikasi korporat (corporate communication) yang digunakan oleh Swiss-Belinn Malang dengan memanfaatkan B2B commerce untuk menjalin kerjasama dengan pihak eksternal, khususnya adalah online travel agency (OTA). Strategi komunikasi korporat yang dijadikan acuan di dalam penelitian ini adalah strategi yang diterangkan oleh Cornelissen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang akan menerangkan hasil penelitian melalui pengumpulan data untuk menguji hipotesis dan menjawab pertanyaan peneliti berkaitan dengan strategi komunikasi yang dilakukan oleh Swiss-Belinn Malang. Data didapatkan melalui wawancara (in-depth interview) yang dilakukan oleh beberapa narasumber dari Swiss-Belinn Malang. Data juga didapatkan dari beberapa literatur dan penelitian terdahulu. Dari penelitian yang telah dilakukan, ditemukan bahwa adanya perkembangan teknologi tidak selamanya dinilai positif. Diketahui dari wawancara bahwa adanya OTA memang menguntungkan pada awalnya. Akan tetapi, semakin lama pihak hotel menyadari bahwa sesungguhnya, adanya kerjasama dengan online travel agencies mengharuskan hotel untuk menyisihkan penghasilannya untuk membayar commiccion fee terhadapt OTA yang bekerjasama dengan Swiss-Belinn Malang.

English Abstract

Developments of technologies in society has changed so many aspects in life: communications, educations, businesses, and trades (O’Conner, 2003). Therefore, many companies uses the internet to conduct business activities. One of them is company that engaged in hospitalities. Since the internet have developed, many hotels had used online travel agencies (OTA) to sell rooms to wider audiences. Cooperations between hotels and OTA requires hotel to use e-commerce to fscilitate cooperation activities, especially B2B commerce. One of the hotel that use e-commerce is Swiss-Belinn Malang, that located in Jalan Veteran no. 8A, Malang, East Java. In this study, researcher wants to describe corporate communication strategy that used by Swiss-Belinn Malang by using B2B commerce to establish cooperations with external parties, especially online travel agencies (OTA). Corporate communication strategy in this study is based on Cornelissen who said corporate communication strategies are divided into 4 (four) stages: strategic analysis, strategic intent, strategic action, and tracking and evaluating. This study used descriptive qualitative approach that explain the results of research through data collections to answer researcher’s questions related to corporate communication strategy by Swiss-Belinn Malang. The data was obtained by in-depth-interviews with several informants from Swiss-Belinn Malang – General Manager of Swiss-Belinn Malang, Human Resources Manager of Swiss-Belinn Malang, and E-commerce of Swiss-Belinn Malang. Some of the data also completed from obtained several literatures and pevious researchs. As a result, reseacher found that development in technologies are not always considered as positive decisions. Refering to interview datas, the existence of online travel agencies (OTA) was beneficial at first. However, the hotel consider that, in fact, cooperations with online travel agencies requires hotels to set aside their income to pay commission fees toward the OTA itself in collaboration wirh Swiss-Belinn Malang. Which can be caused negative effects for htoel itself because they couldn’t get full income from the room sells in OTAs.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/1125/051901571
Uncontrolled Keywords: E-commerce, komunikasi korporat, online travel agencies, B2B commerce. E-commerce, corporate communication, online travel agencies, B2B commerce.
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 21 Oct 2019 01:53
Last Modified: 25 Oct 2021 04:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164952
[thumbnail of Nisrina Yola Amalia.pdf]
Preview
Text
Nisrina Yola Amalia.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item