Analisis Pengaruh Label Halal, Pendapatan Dan Harga Produk Terhadap Preferensi Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Produk Makanan Impor

Mujiono, Fitria Vega Sylvania (2018) Analisis Pengaruh Label Halal, Pendapatan Dan Harga Produk Terhadap Preferensi Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Produk Makanan Impor. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pangan merupakan suatu kebutuhan dasar utama bagi manusia oleh karena itu kecukupan pangan bagi setiap orang merupakan hak azazi yang harus dipenuhi. Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan bahwa pada barang-barang sektor konsumsi dalam negri terus mengalami kenaikan dan kenaikan tertinggi terjadi pada impor bahan makanan seperti makanan kemasan, buah-buahan, permen, serta gula. Permintaan produk makanan dan minuman (mamin) yang mengalami peningkatan membuat pangsa pasar mamin khususnya produk impor ikut terkerek naik. Indonesia sebagai negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam, perlu adanya perhatian terhadap produk makanan impor yang masih beredar bebas di Indonesia, yaitu bukan hanya memperhatikan dari sisi komposisi yang menyehatkan secara medis saja, namun juga perlu diperhatikan bahwa makanan yang dikonsumsi tersebut halal.Berdasar pada permasalahan yang ada kemudian menarik bagi peneliti untuk melakukan penelitian tentang apakah label halal masih merupakan salah satu faktor yang diperhatikan oleh sampel yang dipilih dalam penelitian mengenai preferensi pembelian produk makanan impor. Selain itu penelitian ini diharapkan juga dapat menjadi referensi agar label halal dan beberapa faktor lainnya yang disebutkan dalam penelitian ini yakni pendapatan dan harga produk menjadi bahan pertimbangan bagi para konsumen saat akan melakukan preferensi pembelian pada produk makanan impor. Dimana lokasi penelitian yang dipilih adalah Universitas Brawijaya dengan 100 sampel penelitian pada mahasiswa Universitas Brawijaya untuk angkatan 2014 hingga 2017. Hasil survey dianalisis menggunakan teori konsumsi, teori labelisasi halal, teori pendapatan dan teori permintaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengaruh dari variabel label halal, pendapatan dan harga produk terhadap preferensi konsumen dalam keputusan pembelian produk makanan impor. Berdasarkan hasil analisis regresi logistik menggunakan program SPSS 21, menunjukkan bahwa secara serentak maupun parsial seluruh variabel bebas (labelisasi halal, pendapatan dan harga produk) memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap preferensi konsumen dalam keputusan pembelian produk makan impor pada mahasiswa Universitas Brawijaya angkatan 2014 hingga 2017.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2018/357/051808282
Uncontrolled Keywords: Preferensi Pembelian, Makanan Impor, Label Halal, Pendapatan, Harga Produk.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 22 Jul 2019 03:06
Last Modified: 19 Oct 2021 07:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164882
[thumbnail of Fitria Vega Sylvania Mujiono.pdf] Text
Fitria Vega Sylvania Mujiono.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item