Analisis Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Indeks Pembangunan Manusia, Dan Tingkat Pengangguran Terhadap Tingkat Kemiskinan Di Pulau Jawa Tahun 2011-2017 (Studi Kasus Pada 118 Kabupaten/Kota)

Fitria, Febrinia Rahma Atu (2018) Analisis Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Indeks Pembangunan Manusia, Dan Tingkat Pengangguran Terhadap Tingkat Kemiskinan Di Pulau Jawa Tahun 2011-2017 (Studi Kasus Pada 118 Kabupaten/Kota). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kemiskinan merupakan problema kemanusiaan yang menghambat kesejahteraan dan peradaban, sehingga semua pihak sepakat bahwa upaya menekan sampai dengan menuntaskan kemiskinan harus dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh pertumbuhan ekonomi, Indeks Pembangunan Manusia, dan tingkat pengangguran terhadap tingkat kemiskinan di Pulau Jawa pada periode tahun 2011-2017, dengan studi kasus pada 118 Kabupaten/Kota. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder dari Badan Pusat Statistik (BPS) dan Sistem Informasi dan Manajemen Data Dasar Regional (Simreg) Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Teknik analisis yang dipergunakan adalah metode analisis regresi data panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap tingkat kemiskinan. Artinya adanya pertumbuhan ekonomi hanya mampu menyentuh sedikit pada kesejahteraan masyarakat miskin. Kemudian, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap tingkat kemiskinan, dan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kemiskinan.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2018/640/051811586
Uncontrolled Keywords: Tingkat Kemiskinan, Pertumbuhan Ekonomi, Indeks Pembangunan Manusia, Tingkat Pengangguran Terbuka, Metode Analisis Regresi Data Panel.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 330.9 Economic situation and conditions > 330.959 8 Specific continents, countries, localities (Indonesia)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 08 Jul 2019 03:30
Last Modified: 20 Oct 2021 11:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164845
[thumbnail of Febrinia Rahma Atu Fitria.pdf]
Preview
Text
Febrinia Rahma Atu Fitria.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item