Strategi Pengembangan Usaha Sari Nanas Dengan Metode Swot Dan Quantitative Strategic Planning Matrix (Qspm) (Studi Kasus Di Pt. Putra Jaya Nanas, Kabupaten Blitar)

Anggraini, Diah Sari (2018) Strategi Pengembangan Usaha Sari Nanas Dengan Metode Swot Dan Quantitative Strategic Planning Matrix (Qspm) (Studi Kasus Di Pt. Putra Jaya Nanas, Kabupaten Blitar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Nanas (Ananas comosus L. Merr) merupakan salah satu komoditi yang tersebar di Indonesia. Setiap musim panen tiba, banyak buah nanas yang ukurannya tidak sesuai sehingga tidak lolos grading dan mengakibatkan tidak dapat dipasarkan. Pemilihan minuman sari nanas bertujuan untuk memperoleh keuntungan lebih karena minuman sari nanas bernilai jual tinggi daripada buah nanas subgrade. Salah satu produsen sari nanas adalah PT. Putra Jaya Nanas. PT. Putra Jaya Nanas memiliki berbagai kendala dalam pengembangan usahanya, antara lain keterbatasan akses pasar, kegiatan pemasaran kurang maksimal, dan masih terdapat produk yang tertumpuk di tempat penyimpanan sehingga mengakibatkan penundaan pada proses produksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi usaha sari nanas dan menentukan prioritas strategi pengembangan yang tepat untuk pengembangan usaha sari nanas PT. Putra Jaya Nanas. Metode yang digunakan adalah matriks SWOT dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Hasil penelitian menunjukkan nilai matriks IFE sebesar 2,43 dan nilai matriks EFE sebesar 2,68. Analisa posisi PT. Putra Jaya Nanas dengan menggunakan matriks Internal Eksternal didapatkan berada pada sel ke-V. Strategi yang umum diterapkan yaitu penetrasi pasar dan pengembangan produk. Berdasarkan matriks SWOT diperoleh sembilan viii alternatif strategi. Prioritas strategi didapatkan dengan menggunakan matriks QSPM untuk mendapatkan nilai TAS (Total Attractive Score). Urutan pertama adalah meningkatkan kualitas sumber daya untuk menghadapi persaingan (6,12). Urutan kedua dan ketiga adalah menjaga serta mempertahankan kualitas minuman sari nanas “Segarrr” untuk menjaga kepercayaan pelanggan (6,09) dan meningkatkan dan mempertahankan pangsa pasar (6,07).

English Abstract

Pineapple (Ananas comosus L. Merr) is one of the commodities spread in Indonesia. Every harvest season arrives, many pineapple fruits that are not suitable size so that they do not pass grading and can not be marketed. The selection of pineapple juice drinks aims to gain more profits because pineapple juice drinks are of high selling value than subgrade pineapple fruit. One producer of pineapple juice is PT. Putra Jaya Nanas. PT. Putra Jaya Nanas has various constraints in the development of its business, including limited market access, marketing activities that are less than optimal, and there are still products that are piled up in storage, resulting in delays in the production process. This study aims to identify internal and external factors that influence pineapple juice business and determine the right development strategy priorities for the development of pineapple juice business PT. Putra Jaya Nanas. The method used is SWOT matrix and Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). The results showed that the value of the IFE matrix was 2.43 and the value of the EFE matrix was 2.68. Analysis of the position of PT. Putra Jaya Nanas by using the External Internal Matrix was found to be in cell V. A commonly applied strategy is market penetration and product development. Based on the SWOT matrix, nine alternative strategies are obtained. Strategy priority is obtained by using the QSPM matrix to get a Total x Attractive Score. The first order is to improve the quality of resources to face competition (6,12). The second and third order is maintaining and maintaining the quality of "Segarrr" pineapple juice to maintain customer trust (6.09) and improve and maintain market share (6.07).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2018/367/051809253
Uncontrolled Keywords: Minuman Sari Nanas, Strategi Pengembangan, SWOT, QSPM,/ Development Strategy, Pineapple Juice, SWOT, QSPM
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 001 Knowledge > 001.4 Research
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 18 Sep 2019 07:05
Last Modified: 18 Sep 2019 07:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164794
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item