Perilaku Konsumsi Kopi Di Kalangan Mahasiswa Di Kafe Sepanjang Jalan Kalpataru Kota Malang

Anwari, Syah Ryan (2018) Perilaku Konsumsi Kopi Di Kalangan Mahasiswa Di Kafe Sepanjang Jalan Kalpataru Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kopi merupakan minuman yang banyak memiliki penggemar, karena memiliki cita rasa yang berbeda-beda di setiap tempat. Menurut Asosiasi Pengusaha Kafe dan Resto Indonesia (Apkrindo) Malang, sepanjang tahun 2015 terjadi perkembangan kafe dan restoran sebesar 30% dibanding tahun 2014, diantara dua tempat (kafe dan restoran), yang mendominasi adalah kafe. Mahasiswa mengkonsumsi kopi memiliki pola dan tujuannya masing-masing, tergantung perilaku konsumsi dari masing-masing mahasiswa. Perilaku konsumsi setiap individu dibentuk oleh adanya kebutuhan. Menurut Abraham Maslow, kebutuhan terbagi menjadi lima jenis, mulai kebutuhan fisiologis, rasa aman, rasa memiliki, harga diri, dan aktualisasi diri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahuiperilaku konsumsi kopi di kalangan mahasiswa di kafe sepanjang Jalan Kalpataru, Kota Malang. Unit analisis pada penelitian ini berfokus pada perilaku konsumsi kopi di kalangan mahasiswa di kafe sepanjang Jalan Kalpataru, Kota Malang. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik fenomenologi dengan melakukan observasi, wawancara semi-terstruktur dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa melakukan konsumsi kopi berdasarkan tiga kebutuhan dasar yang di jabarkan oleh Abraham Maslow, yaitu kebutuhan fisiologis, rasa memiliki dan aktualisasi diri. Ada tiga nilai yang membuat mahasiswa melakukan konsumsi kopi, yaitu ajakan dari teman, pengaruh keluarga dan kondisi pendapatan mahasiswa.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2018/318/051807774
Uncontrolled Keywords: Kebutuhan, Konsumsi, Kopi
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services > 338.47 Services and specific products
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 15 Jul 2019 07:48
Last Modified: 19 Oct 2021 06:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164689
[thumbnail of SYAH RYAN ANWARI.pdf]
Preview
Text
SYAH RYAN ANWARI.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item