Pengaruh Pemberian Ekstrak Kasar Kulit Buah Naga (Hylocereus costaricensis) Terhadap Histopatologi Hati Ikan Nila (Oreochromis niloticus) Yang Terinfeksi Aeromonas hydrophila

Masfiah, Ifatul (2018) Pengaruh Pemberian Ekstrak Kasar Kulit Buah Naga (Hylocereus costaricensis) Terhadap Histopatologi Hati Ikan Nila (Oreochromis niloticus) Yang Terinfeksi Aeromonas hydrophila. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kegiatan Perikanan memiliki peranan besar terhadap perekonomian bangsa dan Negara. Keberadaan penyakit di dalam lingkungan perairan merupakan salah satu kendala di dalam pengembangan subsektor budidaya perikanan. Bakteri A. hydrophila merupakan salah satu bakteri yang menyebabkan penyakit pada ikan. Untuk mengatasi hal tersebut pembudidaya seringkali menggunakan antibiotik. Penggunaan antibiotik secara terus-menerus dapat memberikan dampak negatif antara lain membuat bakteri resisten dan mencemari lingkungan perairan. Sehingga dibutuhkan alternatif yang ramah lingkungan. Salah satu tanaman obat yang dapat digunakan adalah kulit buah naga (H. costaricensis). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ekstrak kasar kulit buah naga (H. costaricensis) terhadap histopatologi hati ikan nila (O. niloticus) yang terinfeksi bakteri A. hydrophila. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari 2018 sampai dengan April 2018 di Laboratorium Budidaya Ikan dan Laboratorium Ilmu Teknologi Hasil Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya, Malang. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode eksperimen, sedangkan rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL). Pada penelitian ini terdiri dari 4 perlakuan, 2 kontrol dan 3 kali ulangan. Perlakuan yang digunakan adalah ekstrak kasar kulit buah naga (H. costaricensis) dengan dosis 6 ppm, 26 ppm, 46 ppm dan 66 ppm. pengambilan jaringan hati dilakukan pada hari ke 5 setelah perlakuan. Analisa data menggunakan skoring. Hasil perlakuan pemberian ekstrak kasar kulit buah naga (H. costaricensis) memberikan pengaruh terhadap jaringan hati ikan nila (O. niloticus). Kelainan jaringan hati yang terjadi pada saat penelitian adalah Kongesti dan Hemoragi. Hasil pengamatan menunjukkan kerusakan jaringan hati yang terendah adalah perlakuan D dengan dosis 66 ppm. Perlakuan yang terbaik pada penelitian ini adalah perlakuan D dengan dosis 66 ppm. Namun perlu adanya penelitian dengan dosis lebih tinggi dan penelitian lanjutan untuk mengetahui dosis yang optimal ekstrak kasar kulit buah naga (H. costaricensis) untuk histopatologi hati ikan nila (O. niloticus) yang terinfeksi A.hydrophila.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/401/051805895
Uncontrolled Keywords: Ikan Nila, Oreochromis niloticus, Histopatologi Hati, Kulit Buah Naga, Aeromonas hydrophila
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 597 Cold-blooded vertebrates > 597.7 Perciformes > 597.74 Cichlidae
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 25 Mar 2019 03:29
Last Modified: 08 Jan 2021 04:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164591
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item