Hubungan Antara Religiusitas Dengan Kebahagiaan Pada Remaja Yang Tinggal Di Panti Asuhan

Dewantara, Arya Wisnu (2018) Hubungan Antara Religiusitas Dengan Kebahagiaan Pada Remaja Yang Tinggal Di Panti Asuhan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Di Malang terdapat 49 panti asuhan dengan 2827 anak asuh dari berbagai rentang usia (Badan Pusat Statistik Kabupaten Malang, 2016). Latar belakang yang berbeda dengan remaja umumnya dapat mempengaruhi respon mereka pada konflik dalam kehidupannya dan pemaknaan dari kebahagiaan (Dewi, 2016). Seligman (2005) menjelaskan salah satu faktor yang mempengaruhi kebahagiaan adalah agama, seorang yang religius lebih bahagia dan puas pada kehidupannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara religiusitas dengan kebahagiaan pada remaja yang tinggal di panti asuhan. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh remaja yang tinggal di panti asuhan di kota Malang. Teknik sampling yang digunakan adalah Incidental sampling dengan sampel berjumlah 87 subjek. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu skala religiusitas yang disusun berdasarkan teori religiusitas milik Glock dan Stark dan skala kebahagiaan menggunakan PERMA Profiler milik Seligman yang ditransadaptasi. Analisis data menggunakan software SPSS 20.0 for windows. Teknik analisis data menggunakan Pearson Product Moment. Hasil statistik menunjukkan p = 0.481 (p>0.05). Hasil ini menunjukkan adanya hubungan yang positif antara religiusitas dengan kebahagiaan pada remaja yang tinggal di panti asuhan.

English Abstract

In Malang there are 49 orphanages with 2827 foster children from various age ranges (Badan Pusat Statistik Kabupaten Malang, 2016). Different backgrounds with adolescents generally can influence their response to conflict in their lives and the meaning of happiness (Dewi, 2016). Seligman (2005) explains that one of the factors that influence happiness is religion, a religious person who is happier and satisfied with his life. This study aims to determine whether there is a relationship between religiosity and happiness in adolescents who live in an orphanage. This study use a correlational quantitative design. The population of this study is all teenagers who live in orphanages in Malang. The sampling technique is incidental sampling with a sample of 87 subjects. The research instrument use the scale of religiosity with Glock and Stark's religiosity theory and the happiness scale using Seligman's PERMA Profiler which was adapted. Data analysis using SPSS 20.0 for Windows software. Data analysis techniques using Pearson Product Moment. The result of statistical test, that p = 0.481 (p> 0.05). These result shows, there is positive relationship between religiosity and happiness in adolescents who live in an orphanage.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/916/051811564
Uncontrolled Keywords: Religiusitas, kebahagiaan, remaja, panti asuhan Religiosity, happiness, adolescent, orphanage
Subjects: 100 Philosophy, parapsychology and occultism, psychology > 150 Psychology > 150.1 Philosophy and theory; systems, viewpoints > 150.19 Systems, schools, viewpoints > 150.198 Other systems > 150.198 6 Humanistic psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 15 Oct 2019 02:19
Last Modified: 25 Oct 2021 02:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164551
[thumbnail of Arya Wisnu Dewantara.pdf]
Preview
Text
Arya Wisnu Dewantara.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item