Minat Menggunakan Mobile Banking Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Untuk Melakukan Transaksi Pembayaran Spp

Wibowo, Anggriawan Setyo (2016) Minat Menggunakan Mobile Banking Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Untuk Melakukan Transaksi Pembayaran Spp. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi minat untuk menggunakan mobile banking. Faktor-faktor yang memengaruhi minat individu untuk menggunakan mobile bankingdalam penelitian ini adalah kepercayaam (trrust), persepsi kegunaan (perceived usefulness), persepsi kemudahan (perceived ease of use), sikap penggunaan (Attitude toward use) dan minat penggunaan (behavioral intention). Penelitian ini merupakan pengembangan dari penelitian sebelumnya yang juga menggunakan model kombinasi TAM (Technology Acceptance Model), dan TRA (Theory of Reasoned Action). Metode pengumpulan data menggunakan metode survey.Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang. Metode analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kepercayaan dan persepsi kemudahanmemengaruhi minat penggunaan mobile banking. Sebaliknya, persepsi kegunaan dan sikap penggunaan tidakmempengaruhi minat individu untuk menggunakanmobile banking. Implikasi dari penelitian ini relevan bagi pihak manajemen bank dan analis mobile banking agar memperhatikan kembali faktor–faktor yang memengaruhi minat individu untuk menggunakan mobile banking dalam mengembangkan sistem informasinya.

English Abstract

This research has a purpose to examine the factors which affect individual intention to use mobile banking. The factors which affect individual intention to use mobile banking in this research are perceived usefulness, perceived ease to use, anxiety, trust, subjective norm, and perceived behavioral control. This research is a development of previous research that uses a combination of TAM, and TRA models. Data collection method used is survey method.Sample in this research are accountance student University of Brawijaya Malang.The data were analyzed by using Partial Least Square (PLS). The result showed that anxiety and subjective norm affect an individual intention to use mobile banking. Otherwise, the construct of perceived usefulness, perceived ease of use, trust, and perceived behavioral control do not affect individual intention to use mobile banking. The implications of this research are relevant for banking institutions to consider the factors which influence an individual intention to use mobile banking in the development the information systems.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/889/051811187
Uncontrolled Keywords: Mobile Banking, Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Minat Penggunaan, TRA, TAM, Mobile banking, Trust, Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Attitude Toward Use, Behavioral Intention, TAM, TRA
Subjects: 300 Social sciences > 332 Financial economics > 332.1 Banks > 332.17 Banking services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 08 Oct 2019 04:09
Last Modified: 20 Oct 2021 11:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164505
[thumbnail of Anggriawan Setyo Wibowo.pdf] Text
Anggriawan Setyo Wibowo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item