Pengaruh Penambahan Asam Sitrat dan Lama Waktu Perendaman Terhadap Sifat Mekanik serta Kualitas Warna Bioplastik Kulit Pisang Nangka (Musa paradisiaca forma typica)

Choiriah, Neno Retnowati (2018) Pengaruh Penambahan Asam Sitrat dan Lama Waktu Perendaman Terhadap Sifat Mekanik serta Kualitas Warna Bioplastik Kulit Pisang Nangka (Musa paradisiaca forma typica). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Plastik merupakan bahan yang sangat dibutuhkan dalam berbagai kegiatan industri maupun rumah tangga, namun plastik memiliki dampak buruk terhadap lingkungan karena sulit terdegradasi. Badan Pusat Statistik Kota Malang (2014), kebutuhan plastik semakin tinggi sehingga dibutuhkan adanya alternatif pengganti plastik. Bioplastik adalah plastik yang terbuat dari sumber terbaharukan dan dapat terdegradasi secara alami (Karuniastuti, 2012). Salah satu bahan dasar yang dapat digunakan dalam pembuatan bioplastik adalah pati kulit pisang. Namun kulit pisang mudah mengalami oksidasi, sehingga warna bioplastik menjadi kecoklatan. Selain itu tanpa adanya bahan pengisi lain, bioplastik akan memiliki sifat mekanik yang kurang baik. Hal tersebut dapat dihindari dengan bantuan asam sitrat (CA) karena menurut Suharti, dkk (2015), CA mampu mengurangi terjadinya kontak enzim PPO dalam pati kulit pisang dengan oksigen dalam air sehingga dapat menghambat pencoklatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi penambahan asam sitrat dan lama waktu perendaman kulit pisang terhadap kuat tarik, kuat tusuk, dan warna bioplastik. Selain itu penelitian ini juga bertujuan membantu UKM Az-Zahirah dalam mengatsi limbah kulit pisang yang bertumpuk. UKM Az-Zahirah bergerak dalam bidang produksi keripik pisang yang selama ini memiliki kendala dari sisi limbah dan sanitasi. Akibat penimbunan limbah yang setiap harinya bertambah maka lingkungan produksi mereka kurang higienis sehingga perlu dilakukan adanya pengolahan limbah tersebut menjadi bioplastik.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Response surface methodology (RSM) dengan model Central Composite Design (CCD) yang bertujuan untuk optimasi formulasi. Penelitian ini menggunakan 2 faktor yaitu konsentrasi asam sitrat dan lama waktu perendaman. Respon yang terlibat yaitu respon warna, kuat tarik, dan kuat tusuk. Hasil yang diperoleh yaitu respon warna, kuat tarik, dan kuat tusuk masingmasing memperoleh model yang bervariasi yaitu 2F1, Linier, dan Kuadratik. Perlakuan terbaik pada konsentrasi asam sitrat adalah 52,91 dengan lama waktu perendaman 10 menit. Diperoleh nilai desirability sebesar 0,731 dan hasilnya mendekti 1 sehingga terdapat pengaruh antara variabel dan respon cukup besar. Berdasarkan hasil yang diperoleh dan telah diujikan diperoleh bahwa respon warna berbanding lurus dengan variabel konsentrasi asam sitrat dan berbanding terbalik dengan variabel lama waktu perendaman. Sedangkan untuk respon kuat tarik dan kuat tusuk keduanya juga berbanding terbalik dengan variabel baik konsentrasi asam sitrat maupun lama waktu perendaman.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2018/428/051809732
Uncontrolled Keywords: Asam Sitrat, Bioplastik, Kuat Tarik, Kuat Tusuk, Kulit Pisang Nangka
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 620 Engineering and allied operations > 620.1 Engineering mechanics and materials > 620.19 Other engineering materials > 620.192 Polymers > 620.192 3 Plastics
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Aug 2019 02:51
Last Modified: 21 Aug 2019 02:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164464
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item