Varadoni, Olin Ade (2018) Pengaruh Brand Image Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pada Pengunjung Taman Wisata Wendit Water Park Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perkembangan pariwisata di Kabupaten Malang dapat ditingkatkan dengan ditunjang oleh sumber daya alam yang ada. Brand image dari tempat wisata merupakan salah satu jalan untuk meraih keunggulan kompetisi dalam mempertahankan loyalitas dengan dimediasi oleh kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel brand image terhadap kepuasan, pengaruh variabel brand image terhadap loyalitas, pengaruh variabel kepuasan terhadap loyalitas, dan pengaruh variabel brand image terhadap loyalitas dengan dimediasi oleh kepuasan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatori. Populasi dan sampel adalah pengunjung tempat Taman Wisata Wendit Water Park sebesar 110 responden. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Alat analisis dalam penelitian ini menggunakan PLS (Partial Least Square) dengan software Smart-PLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image dapat meningkatkan kepuasan pengunjung, brand image tidak dapat meningkatkan loyalitas pengunjung, kepuasan dapat meningkatkan loyalitas pengunjung, dan kepuasan dapat memediasi brand image dalam meningkatkan loyalitas pengunjung taman wisata Wendit.
English Abstract
The development of tourism in the regency of Malang can be improved with the support of the existing natural resources. Improving brand image is one way for tourist attractions to achieve competitive advantage by maintaining loyalty with the mediation of customer satisfaction. This study aims to determine the effect of brand image on satisfaction, the effect of brand image on loyalty, the effect of satisfaction on loyalty, and the effect of brand image on loyalty mediated by satisfaction. The population and sample of the explanatory research is 110 visitors of Wendit Water Park, selected using purposive sampling technique. The data of this study was analyzed using PLS (Partial Least Square) in SmartPLS 3. The results show that brand image increases visitor satisfaction, brand image does not increase visitor loyalty, satisfaction increases visitor loyalty, and satisfaction mediates the effect of brand image on the increase of visitor loyalty.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2018/714/051900209 |
Uncontrolled Keywords: | Brand Image, Kepuasan, Loyalitas, brand image, satisfaction, loyalty |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 07 May 2019 03:14 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 00:14 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164451 |
Text
OLIN ADE VARADONI.pdf Restricted to Registered users only Download (25MB) |
Actions (login required)
View Item |