Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan Retribusi Pelayanan Pasar Kelas I Di Kota Malang (Studi Pada Pasar Besar, Pasar Madyopuro, Pasar Blimbing, Pasar Induk Gadang Dan Pasar Dinoyo)

Sari, Fitria Nanda (2018) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan Retribusi Pelayanan Pasar Kelas I Di Kota Malang (Studi Pada Pasar Besar, Pasar Madyopuro, Pasar Blimbing, Pasar Induk Gadang Dan Pasar Dinoyo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan retribusi pelayanan pasar kelas I di Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau survey dengan pendekatan kuantitatif, sehingga data yang digunakan adalah data primer dari kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah pedagang pasar kelas I di Kota Malang, dengan jumlah sampel sebanyak 100 pedagang yang tersebar di Pasar Besar, Pasar Madyopuro, Pasar Blimbing dan Pasar Induk Gadang. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur dan analisis deskriptif. Variabel yang digunakan adalah tarif retribusi pelayanan pasar, kualitas tingkat pelayanan, pengetahuan dan pemahaman tentang retribusi, kemauan membayar retribusi, dan penerimaan retribusi pelayanan pasar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tarif retribusi pelayanan pasar dan kualitas tingkat pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemauan membayar retribusi dan berpengaruh positif signifikan terhadap penerimaan retribusi pelayanan pasar. Sedangkan pengetahuan dan pemahaman tentang retribusi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemauan membayar retribusi namun tidak berpengaruh signifikan terhadap penerimaan retribusi pelayanan pasar. Pengujian intervening menunjukkan bahwa kemauan membayar retribusi terbukti dapat menjadi variabel intervening antara tarif retribusi pelayanan pasar, kualitas tingkat pelayanan serta pengetahuan dan pemahaman tentang retribusi terhadap penerimaan retribusi pelayanan pasar.

English Abstract

The purpose of this study was to determine the factors that have impact to the service market retribution income from class I market in the city of Malang. This research is a field research or survey with quantitative approach, so that the data used is the primary data from the questionnaires. The population in this research is market traders class I in the city of Malang class I market traders in the city of Malang, with total sample as many as 100 traders in the Central Market of Malang, Madyopuro Market, Blimbing Market and Primary Market of Gadang. The analysis technique used is path analysis and descriptive analysis. Variable used is the retribution rate for the service of the market, the quality level of service, knowledge and understanding of the retribution, the willingness to pay a retribution, and retribution income of service market. The results of this study indicate that the retribution rates for the service of the market and the quality of service levels a positive and significant effect against on willingness to pay a retribution and influential positive significant to retribution income of service market. While the knowledge and understanding of the retribution a positive and significant effect to willingness to pay a retribution but not significant effect against the retribution income of service market. The results of intervening testing shows that the willingness to pay a retribution can be proven intervening variable between the retribution rate for the service of the market, the quality level of service as well as knowledge and understanding of the retribution against the retribution income of service market

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2018/716/051900211
Uncontrolled Keywords: tarif retribusi pelayanan pasar, kualitas tingkat pelayanan, pengetahuan dan pemahaman tentang retribusi, kemauan membayar retribusi dan penerimaan retribusi pelayanan pasar, retribution rate for the service of the market, quality level of service, knowledge and understanding of the retribution, willingness to pay a retribution, and retribution income of service market
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 29 May 2019 01:46
Last Modified: 21 Oct 2021 00:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164448
[thumbnail of FITRIA NANDA SARI.pdf]
Preview
Text
FITRIA NANDA SARI.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item