Pengaruh Rasio C:N yang Berbeda Terhadap Produksi Spora dan Efisiensi Sporulasi Bakteri Bacillus subtilis

Foresy, Bella Febriana (2018) Pengaruh Rasio C:N yang Berbeda Terhadap Produksi Spora dan Efisiensi Sporulasi Bakteri Bacillus subtilis. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

B. subtilis merupakan bakteri gram positif yang dapat membentuk spora. B. subtilis merupakan salah satu mikroorganisme yang dapat digunakan sebagai probiotik. Probiotik dari B. subtilis dapat menjadi alternatif untuk menggantikan antibiotik. Probiotik umumnya memiliki daya simpan yag relatif pendek. Probiotik mengalami penurunan kelangsungan hidup selama masa penyimpanan. Namun penggunaan probiotik dalam bentuk spora menghasilkan kelangsungan hidup yang lebih tinggi dibandingkan dalam bentuk sel vegetatif. Salah satu faktor yang mempengaruhi pembentukan spora adalah nutrisi. B. subtilis membutuhkan sumber karbon dan nitrogen untuk memproduksi spora. Rasio C:N yang dibutuhkan oleh setiap spesies Bacillus berbeda-beda. Untuk itu perlu dilakukan penelitian tentang pengaruh rasio C:N terhadap produksi spora dan efisiensi sporulasi pada bakteri B. subtilis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh rasio C:N terhadap efisiensi sporulasi dan produksi spora B. subtilis. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Budidaya Ikan Divisi Penyakit dan Kesehatan Ikan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya, Malang pada bulan Februari sampai April 2018. Metode pada penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan 3 ulangan. Perlakuan yang digunakan yaitu rasio C:N 5, C:N 8, C:N 11 dan kontrol. Parameter yang diamati selama peneltian yaitu kepadatan sel vegetatif, kepadatan spora tidak lengkap, spora lengkap, efisiensi sporulasi dan perkecambahan dengan waktu fermentasi selama 80 jam. Hasil dari peneltian ini menunjukkan bahwa rasio C:N yang berbeda mempengaruhi produksi spora dan efisiensi sporulasi pada bakteri B. subtilis. Rasio C:N 5 merupakan perlakuan yang menghasilkan produksi spora tertinggi dibandingkan rasio C:N 8 dan 11. Produksi spora tidak lengkap tertinggi sebesar 10,80 x 107 spora/ml dan produksi spora lengkap tertinggi sebesar 3,63 x 107 spora/ml dengan efisiensi sporulasi sebesar 37,18%. Pada penelitian pemberian rasio C:N yang berbeda dapat meningkatkan produksi spora dan efisiensi sporulasi bakteri B. subtilis. Namun masih perlu dilakukan penelitian lanjutan untuk mengetahui dosis optimal untuk dalam pemberian rasio C:N.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/423/051805985
Uncontrolled Keywords: Bacillus subtilis, Spora, Probiotik
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 579 Natural history of microorganisms, fungi, algae > 579.3 Prokaryotes > > 579.362 Bacillus
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 26 Aug 2019 07:20
Last Modified: 26 Aug 2019 07:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164417
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item