Pengaruh Suplementasi Mineral yang Berbeda Terhadap Produksi dan Efisiensi Sporulasi Bakteri Bacillus sp.

Amjad, Khalid (2018) Pengaruh Suplementasi Mineral yang Berbeda Terhadap Produksi dan Efisiensi Sporulasi Bakteri Bacillus sp. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bacillus merupakan bakteri yang berbentuk batang yang dapat dijumpai di tanah dan air termasuk pada air laut. Bacillus sp.diketahui banyak digunakan sebagai probiotik dibidang akuakultur. Bacillus digunakan sebagai probiotik karena termasuk spesies bakteri yang memiliki perkembangbiakan yang cepat dan mampu menghasilkan protease dalam jumlah yang tinggi. Penggunaan probiotik merupakan alternatif dari aplikasi antibiotik yang menyebabkan resistensi pathogen dan menimbulkan residu pada produk akuakultur. Akan tetapi banyak produk probiotik yang didistribusikan mengandung spesies bakteri dan densitas yang tidak sesuai dengan yang tertera pada kemasannya. Selain itu produk probiotik secara umum menggunakan bakteri dalam bentuk sel vegetatif yang menyebabkan penurunan kepadatan sel bakterinya. Sehingga diperlukan bakteri dalam bentuk spora yang tahan terhadap lingkungan yang kurang menguntungkan. Bacillus sp. adalah salah satu jenis mikroorganisme yang diketahui dapat menghasilkan spora. Untuk menghasilkan produksi spora pada Bacillus sp. dapat distimulasi dengan pemberian mineral. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh suplementasi mineral terhadap produksi spora dan efisiensi sporulasi Bacillus sp. serta mengetahui mineral terbaiknya. Metode penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan media dengan 3 kali ulangan. Media 1 terdiri dari NB, FeSO4, CaCl2, MnCl2, KCl dan MgSO4, Media 2 terdiri dari NB, (NH4)SO4 dan MgSO4. Media 3 terdiri dari NB, MnSO4, FeSO4, CaCl2, KCl dan MgSO4 dan media 4 NB tanpa mineral. Diinkubasi selama 70 jam di incubator shacker dan diamati produksi spora dan efisiensi sporulasi setiap 10 jam sekali dan 5 jam sekali ketika spora lengkap mulai muncul. Produksi spora dan efisiensi sporulasi tertinggi diperoleh pada media 1 yang memiliki komposisi FeSO4, CaCl2, MnCl2, KCl dan MgSO4. Diketahui bahwa mineral yang berbeda menunjukkan pengaruh terhadap produksi spora dan efisiensi sporulasi Bacillus sp. Suplementasi mineral yang berbeda menghasilkan produksi spora tertinggi sebesar 12,24 x 107 spora/ml pada jam ke-70, spora tidak lengkap tertinggi sebesar 14,14x107 spora/ml pada jam ke-60, dengan efisiensi sporulasi sebesar 76,34% dan perkecambahan tertinggi di jam ke-25 dengan kepadatan 15,90x107 sel/ml. Pada penelitian pemberian suplementasi mineral terhadap produksi spora dan efisiensi sporulasi bakteri Bacillus sp., namun masih belum dilakukakan penelitian mengenai dosis yang optimal dalam penambahan mineral.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/453/051806015
Uncontrolled Keywords: Spora, Sporulasi, Bacillus sp
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 579 Natural history of microorganisms, fungi, algae > 579.3 Prokaryotes > > 579.362 Bacillus
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 11 Sep 2019 06:36
Last Modified: 11 Sep 2019 06:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164406
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item