Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Petani Padi Dalam Mengambil Produk Pembiayaan Murabahah Pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah (Studi Pada Bmt Nu Jawa Timur Cabang Sumbersari Jember)

Nazzala, Nindya Talitha (2018) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Petani Padi Dalam Mengambil Produk Pembiayaan Murabahah Pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah (Studi Pada Bmt Nu Jawa Timur Cabang Sumbersari Jember). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi petani padi dalam mengambil produk pembiayaan murabahah pada lembaga keuangan mikro syariah dengan mengambil studi pada BMT NU Jawa Timur cabang Sumbersari Jember. Adapun faktor-faktor tersebut adalah faktor religiusitas, kebutuhan modal, pengetahuan, dan prosedur pembiayaan. Penelitian ini menggunakan sampel sensus yang mengambil seluruh populasi yang ada yaitu sebanyak 85. Data yang dikumpulkan menggunakan kuisioner dengan skala likert. Metode dalam penelitian ini adalah menggunakan regresi logistik. Regresi logistik dilakukan dengan menggunakan IBM SPSS 25.0. Untuk menguji instrumen penelitian maka peneliti melakukan uji validitas dan reliabilitas terhadap data. Hasil analisis logistik pada penelitian ini menunjukkan bahwa faktor religiusitas, kebutuhan modal, pengetahuan, dan prosedur pembiayaan, secara parsial dan simultan (serempak) berpengaruh terhadap preferensi petani padi dalam mengambil produk pembiayaan murabahah pada lembaga keuangan mikro syariah. Adapun tingkat determinasi (R2) pada penelitian ini adalah sebesar 0,914 yang menunjukkan hasil bahwa variabilitas variabel dependen (preferensi petani padi dalam mengambil produk pembiayaan murabahah) yang dapat dijelaskan oleh variabel independen (religiusitas, kebutuhan modal, pengetahuan, dan prosedur pembiayaan) adalah sebesar 91,4%, sedangkan sisanya yaitu sebesar 8,6% dijelaskan oleh variabel-variabel lain diluar model penelitian.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2018/405/051808760
Uncontrolled Keywords: Lembaga Keuangan Mikro Syariah, Pembiayaan Murabahah, Preferensi, Religiusitas, Kebutuhan Modal, Pengetahuan, Prosedur Pembiayaan
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.5 General production economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 27 May 2019 03:45
Last Modified: 19 Oct 2021 07:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164394
[thumbnail of Nindya Talitha Nazzala.pdf]
Preview
Text
Nindya Talitha Nazzala.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item