Analisis Penyusunan Laporan Keuangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Berdasarkan SAK EMKM (Studi Kasus Di Juice Niar, Sari, Dan Cita Rasa Alami, Surabaya)

Awalin, Dewi Khusnul (2018) Analisis Penyusunan Laporan Keuangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Berdasarkan SAK EMKM (Studi Kasus Di Juice Niar, Sari, Dan Cita Rasa Alami, Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran penyusunan laporan keuangan yang dibuat oleh UMKM berdasarkan kesesuaiannya dengan SAK EMKM dan menjelaskan kendala yang dihadapi dalam penerapannya. Objek penelitian ini adalah Juice Niar, Sari, dan Cita Rasa Alami yang tergabung dalam program Pahlawan Ekonomi Surabaya dan mendapatkan juara pada tahun 2017. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa laporan keuangan yang dibuat masih belum sesuai dengan SAK EMKM. Kemudian, informasi yang ada di laporan keuangan masih sederhana dan masih menggunakan basis kas meskipun pemilik telah menerima pelatihan membuat laporan keuangan dari praktisi. Kendala yang dihadapi oleh pemilik dalam membuat laporan keuangan adalah kurangnya alokasi waktu yang dimiliki serta anggapan bahwa membuat laporan keuangan adalah hal yang rumit dan sulit dipahami oleh pemilik.

English Abstract

This research aims at providing an overview of the financial statements prepared by Micro, Small And Medium Enterprises (MSMEs) with regard to SAK EMKM and explaining the obstacles encountered in the practice. The data are collected through interview towards the MSMEs in Surabaya, such as Juice Niar, Sari, and Cita Rasa Alami, that gather under “Pahlawan Ekonomi Surabaya” program and successfully achieved the champion in 2017. This qualitative descriptive research applies a case-study approach. The result of the reseach indicate that the financial statements of Juice Niar, Sari, and Cita Rasa Alami do not correspond with SAK EMKM. The information of the fiancial statements is till very simple as it applies a cash system regardless the fact that the owner has attended several training courses on financial statements by practitiones. The obstacles encountered by the owners are the lack of allotted time and their prejudice that financial statements are complicated to make and difficult to understand.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2018/545/051810400
Uncontrolled Keywords: Laporan Keuangan, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Standar Akuntansi Keuangan (SAK) EMKM, Financial Statement, Micro Small and Medium Enterprises (MSMEs), Financial Accounting Standard for Micro Small and Medium Enterprises
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting > 657.3 Financial reports (Financial statements)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 12 Apr 2019 01:36
Last Modified: 20 Oct 2021 08:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164331
[thumbnail of Dewi Khusnul Awalin.pdf]
Preview
Text
Dewi Khusnul Awalin.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item