Analisis Pengaruh Kurs, Inflasi dan BI Rate terhadap Indeks Harga Saham Sektor Perdagangan, Jasa dan Investasi di Indonesia Periode Tahun 2015 – 2017

Seto, Dahana Tawang (2018) Analisis Pengaruh Kurs, Inflasi dan BI Rate terhadap Indeks Harga Saham Sektor Perdagangan, Jasa dan Investasi di Indonesia Periode Tahun 2015 – 2017. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Harga saham memiliki peran penting dalam menarik minat investor untuk berinvestasi. Salah satu faktor yang mempengaruhi harga saham yaitu adanya perubahan ekonomi makro antara lain inflasi, nilai tukar, tingkat suku bunga, dan pertumbuhan ekonomi. Dengan adanya perubahan dari ekonomi makro tersebut dapat mempengaruhi kinerja perusahaan yang nantinya akan berdampak pada harga saham itu sendiri. Oleh sebab itu, keadaan ekonomi makro haruslah stabil yang juga nantinya akan membuat investor tertarik untuk berinvestasi dalam suatu negara. Biasanya, investor cenderung mempertimbangankan keadaan ekonomi makro suatu negara sebagai landasan untuk berinvestasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kurs, inflasi dan BI rate terhadap Indeks harga saham sektor perdagangan, jasa dan investasi di Indonesia dan menganalisis variabel yang paling berpengaruh terhadap indeks harga saham sektor perdagangan, jasa dan investasi. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kurs, inflasi dan BI rate.sedangkan variabel dependen yang di pakai dalam penelitian ini adalah indeks harga saham sektor perdagangan, jasa dan investasi. Temuan yang didapat dari hasil regresi penelitian ini adalah variabel kurs dan BI rate berpengaruh negatif signifikan terhadap indeks harga saham sektor perdagangan jasa dan investasi. sedangkan variabel Inflasi berpengaruh positif terhadap indeks harga saham sektor perdagangan, jasa dan investasi.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2018/544/051810399
Uncontrolled Keywords: kurs, inflasi, BI rate, indeks harga saham sektor perdagangan, jasa dan investasi.
Subjects: 300 Social sciences > 332 Financial economics > 332.6 Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 24 May 2019 01:09
Last Modified: 20 Oct 2021 08:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164326
[thumbnail of Dahana Tawang Seto.pdf]
Preview
Text
Dahana Tawang Seto.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item