Strategi Travel Agent Konvensional Dalam Mempertahankan Eksistensi Dengan Adanya Travel Agent Berbasis Aplikasi Online

Atiqasari, Gina (2018) Strategi Travel Agent Konvensional Dalam Mempertahankan Eksistensi Dengan Adanya Travel Agent Berbasis Aplikasi Online. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi travel agent konvensional dalam mempertahankan eksistensi dengan keberadaan travel agent berbasis aplikasi online melalui teori pilihan rasional karya James Coleman. Melalui teori pilihan rasional karya James Coleman, peneliti dapat menjabarkan melalui level makro dan mikro serta aktor dan sumber daya. Penelitian ini dilakukan di kota Malang dan Jakarta dengan mewawancara enam informan. Informan tersebut mewakili travel agent konvensional yang diteliti dan informan tambahan.Penelitian ini menggunakan konsep pariwisata, travel agent konvensional, travel agent online, travel agent berbasis aplikasi online dan strategi. Hasil penelitian yang didapat dari penelitian ini adalah ketiga travel agent konvensional mempunyai strategi-strategi yang diterapkan dalam kegiatan sehari-hari. Ketiga travel agent konvensional yang diteliti dapat bertahan dan mempertahankan eksistensi dengan menerapkan strategi. Diantara strategi-strategi yang diterapkan oleh masing-masing travel agent konvensional, ada dua strategi yang diterapkan oleh ketiga travel agent konvensional yaitu membuat target dan mengedepankan kualitas pelayanan. Strategi yang diterapkan oleh ketiga travel agent konvensional merupakan pilihan rasional dari ketiga travel agent konvensional tersebut, yang tercapai melalui kerjasama yang baik antara sumber daya dan aktor didalamnya.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/425/051806093
Uncontrolled Keywords: travel agent konvensional, travel agent berbasis aplikasi online, strategi, pilihan rasional, level makro dan mikro, aktor dan sumber daya, james coleman.
Subjects: 900 History, geography and auxiliary disciplines > 910 Geography and travel > 910.2 Miscellany; world travel guides > 910.28 Auxiliary techniques and procedures; apparatus, equipment, materials > 910.285 Computer applications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 24 Jul 2019 03:53
Last Modified: 21 Oct 2021 06:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164285
[thumbnail of Gina Atiqasari.pdf]
Preview
Text
Gina Atiqasari.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item