Analisis Persaingan Produk Mi Instan Menggunakan Metode Multidimensional Scalling (Mds) (Studi Kasus Konsumen Mi Instan Di Kota Malang)

Pratama, Revani Andika Putra (2018) Analisis Persaingan Produk Mi Instan Menggunakan Metode Multidimensional Scalling (Mds) (Studi Kasus Konsumen Mi Instan Di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kegemaran masyarakat Indonesia dalam mengkonsumsi mie instan semakin meningkat sekitar 25% per tahun pada awal tahun 2000-an, angka ini diperkirakan akan terus meningkat sekitar 15% per tahun. Hal itu dapat menjadi peluang bisnis, sehingga setiap industri mie instan perlu meningkatkan kualitas dan inovasi pada produknya. Di Indonesia terdapat 3 perusahaan produsen mie instan yaitu mie Indomie, Supermie, Sarimi (PT. Indofood), Mie Sedaap (PT. Wingsfood), dan Mie ABC (PT ABC President Enterprises). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atributatribut yang signifikan, posisi persaingan antar merek dan strategi bersaing setiap produsen mie instan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan Multidimensional Scalling (MDS). Variabel dalam penelitian ini adalah produk, harga dan promosi. Pengumpulan data dilakukan dengan 120 responden yang merupakan konsumen mi instan di Kota Malang. Hasil Analisis faktor menujukkan bahwa atribut yang signifikan sebagai pembentuk variabel produk adalah, faktor 1 yaitu tekstur mi, aroma, komposisi bumbu, rasa. Faktor 2 yaitu jumlah varian rasa, kemasan menarik. Atribut yang signifikan sebagai pembentuk variabel Harga adalah, faktor 1 yaitu harga murah, harga promosi. Faktor 2 yaitu harga sesuai dengan kualitas produk, harga sesuai berat. Atribut yang signifikan sebagai pembentuk variabel Promosi adalah, faktor 1 yaitu iklan di televisi, banyaknya poster di warung makan dan kios, slogan viii yang menarik. Faktor 2 yaitu rekomendasi dari teman & keluarga. Atribut yang signifikan sebagai pembentuk variabel Tempat adalah, faktor 1 yaitu ketersediaan varian rasa dari suatu merek, kemudahan mendapatkan produk. Faktor 2 yaitu, adanya contoh produk yang dipajang sehingga mudah ditemui konsumen. Hasil analisis Multidimensional Scalling, terdapat beberapa pemetaan posisi persaingan dari 5 merek mi instan yang digunakan. Pada variabel Produk, merek mi instan Indomie unggul pada faktor tekstur mi, aroma, komposisi bumbu, rasa, dan jumlah varian rasa, kemasan menarik. Pada variabel Harga, merek mi instan Sarimi unggu pada faktor harga murah dan harga promosi. Sedangkan Supermie unggu pada faktor harga sesuai dengan kualitas produk dan harga sesuai berat. Pada variabel promosi merek mie instan Indomie unggul pada faktor iklan televisi, banyak poster di warung makan dan kios, slogan yang menarik. Sedangkan Supermie unggul pada faktor rekomendasi dari teman & keluarga. Pada variabel tempat, merek mie instan Sarimi unggul pada faktor ketersediaan varian rasa dari suatu merek dan kemudahan mendapatkan produk. Sedangkan Mie Sedaap unggul pada faktor, adanya contoh produk yang dipajang sehingga mudah ditemui konsumen

English Abstract

Indonesian people's consumption of instant noodles increased by about 25% per year in the early 2000s, this number is expected to increase by about 15% per year. This can be a business opportunity, so every instant noodle industry needs to improve the quality and innovation of its products. In Indonesia there are 3 main companies of instant noodle producers which are Indomie noodles, Supermie, Sarimi (PT Indofood), Mie Sedaap (PT Wingsfood), and Mie ABC (PT ABC President Enterprises). This research aims to determine the significant attributes, the position of competition between brands and competitive strategy of each instant noodle producer. This research uses quantitative research method using Multidimensional Scalling (MDS). Variables of this research are product, price and promotion. Data collection was conducted with 120 respondents who are consumers of instant noodles in Malang. The result of factor analysis showed that the significant attribute that formed the product variable is, factor 1 is the texture of the noodles, aroma, seasoning composition, and flavor. Factor 2 is the number of variants, attractiveness of the packaging. Significant attributes as that shaped the Price variables are, factor 1 is the low price, the price of promotion. Factor 2 is the price worth the quality, is the price worth the weight. The significant attributes of Promotional variables are factor 1 the advertising on television, the number of posters in the food stalls and kiosks, the catchy slogan. Factor 2 is recommendation from friends & family. Significant attributes as x the forming factor of Place variables are, factor 1 is the availability of the variants of the brand,the accessibility of of getting the product. Factor 2 is, the availability of the products sample. The Multidimensional Scalling analysis showed that , there are several mapping of competitors position of 5 instant noodle brand used for this research. In Product variables, Indomie instant noodle brand is superior of the noodle texture factor, aroma, seasoning composition, taste, flavor variant, and the attractiveness of the packaging. In the Price variable, Sarimi instant noodle brand wins on the factor of low price and promotion price. While Supermie wins on the price factor worthiness with the product quality and weight. On the promotion variable, Indomie instant noodle brand is superior at the television advertising factor, posters in food stalls and kiosks, catchy slogans. While Supermie excel at the recommendation factor of friends & family. In place variables, Sarimi instant noodle brand superior on the availability factor of flavor variants and the accessibility of getting the product. While Mie Sedaap superior in the factor of the availability of displaying samples.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2018/254/051806185
Uncontrolled Keywords: Mi Instan, Multidimensional Scalling (MDS), Persaingan,/ Instant Noodles, Multidimensional Scalling (MDS), Competition
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Oct 2019 02:40
Last Modified: 11 Oct 2019 02:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164284
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item