Analisis Tingkat Pemanfaatan Fasilitas Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Kabupaten Malang, Jawa Timur

Fauzi, Andrian Nur (2018) Analisis Tingkat Pemanfaatan Fasilitas Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Kabupaten Malang, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di PPP Pondokdadap Kabupaten Malang, Jawa Timur Secara Geografis berada pada koordinat 8037’ 08.41’ LS dan 1120 35 1120.43” BT pada bulan April 2018. Saat ini PPP Pondokdadap dalam pembangunan beberapa fasilitas baru untuk perkembangan pelabuhan kedepannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk ; 1) Untuk mengetahui sarana dan prasarana di PPP Pondokdadap, 2) Untuk menentukan strategi dan kebijakan dalam pengembangan PPP Pondokdadap. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Analisis yang digunakan adalah analisis SWOT dimana dalam menentukan suatu kebijakan dalam membuat strategi perlu diketahui isu internal dan eksternalnya terlebih dahulu, kemudian hasil dari keputusan strategis ini digunakan untuk menentukan pengembangan strategis yang meliputi arahan kebijakan, pengembangan, dan rencana strategi secara berjangka. Hasil analisis SWOT untuk masing-masing faktor, baik faktor internal maupun eksternal di atas, didapatkan hasil dengan total nilai masing-masing sebagai berikut : total nilai untuk faktor kekuatan: 1,5, total nilai untuk faktor kelemahan: 1,252, total nilai untuk faktor peluang: 1,256, dan total nilai untuk faktor ancaman: 0,948. Dari analisis SWOT, didapatkan faktor kekuatan dan peluang yang lebih tinggi daripada faktor kelemahan dan ancaman, serta didapatkan titik x= 0,248 dan y= 0,308 pada kuadran I, yang berarti dalam menentukan kebijakan dibutuhkan strategi yang agresif (Growth Oriented Strategy). Strategi dan kebijakan dalam pengembangan PPP Pondokdadap adalah keadaan perairan dan pulau sempu tersendiri menambah daya Tarik pengunjung, Pembangunan fasilitas dan bangunan baru yang harus segera diselesaikan, menambah SDM tenaga ahli dan jumlah pegawai, penambahan pelampung penambat dan pemanfaatan lahan pelabuhan untuk pengembangan pelabuhan itu sendiri.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/666/051806844
Uncontrolled Keywords: - Pelabuhan Perikanan Pantai
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 23 May 2019 01:39
Last Modified: 23 May 2019 01:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164282
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item