Persepsi dan Sikap Konsumen Terhadap Produk Mie Instan Impor Samyang dan Mie Instan Lokal Indomie.

Khoirunnisa, Aprilia (2018) Persepsi dan Sikap Konsumen Terhadap Produk Mie Instan Impor Samyang dan Mie Instan Lokal Indomie. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Produk makanan impor merupakan salah satu jenis produk yang memiliki prospek baik untuk dikembangkan dan telah dikenal oleh masyarakat luas. Hal ini karena produk makanan impor memiliki citarasa, aroma, dan tekstur yang menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen. Mie merupakan produk pangan yang dibuat dari adonan terigu atau tepung lainnya sebagai bahan utama atau penambahan bahan lainnya. Persepsi dan sikap konsumen merupakan salah satu konsep yang paling penting digunakan pemasaran untuk memahami konsumen dan faktor penting yang akan mempengaruhi keputusan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji karakteristik umum konsumen produk mie instan impor Samyang original dan mie instan lokal Indomie goreng original serta menganalisis persepsi dan sikap konsumen berdasarkan atribut produk mie instan impor Samyang original dan mie instan lokal Indomie goreng original. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengukur persepsi dan sikap konsumen adalah Multiatribut Fishbein. Multiatribut Fishbein merupakan salah satu metode yang dapat digunakan dalam melakukan penelitian mengenai hubungan serta pengaruh sikap dan persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan karakteristik konsumen mie instan impor Samyang dan mie instan lokal Indomie yaitu berjenis kelamin laki-laki, berusia 21-35 tahun, berstatus belum menikah, berprofesi pelajar atau mahasiswa, pendidikan terakhir SMA, serta mempunyai pendapatan kurang dari 1 juta.Berdasarkan analisis sikap konsumen terhadap atribut mie instan pada tingkat kepentingan, maka atribut yang penting menurut konsumen adalah atribut ukuran, mengenyangkan dan rasa, serta atribut yang dianggap konsumen cukup penting pada mie instan ialah harga, tekstur, promosi penjualan dan gaya hidup. Pada tingkat kepercayaan produk mie instan impor Samyang, atribut yang baik menurut konsumen adalah ukuran, rasa dan mengenyangkan serta atribut yang dianggap cukup baik oleh konsumen ialah tekstur dan harga. Atribut promosi penjualan dan gaya hidup menurut konsumen kurang baik karena dianggap kurang dalam memenuhi kebutuhannya. Pada tingkat kepercayaan produk mie instan lokal Indomie goreng original, atribut yang baik menurut konsumen adalah rasa, ukuran, harga dan tekstur serta atribut yang dianggap cukup baik oleh konsumen adalah mengenyangkan dan promosi penjualan. Berdasarkan peta persepsi konsumen terlihat bahwa Indomie goreng lebih baik dibandingkan dengan mie Samyang. Hal ini telihat dari peta persepsi dengan garis berwarna merah lebih unggul lima atribut dibanding garis biru yang hanya unggul dua atribut.

English Abstract

Imported food products is a kind of product that has a good prospect to be developed and has been famous among public. Many people like it because of it has a taste, scent and texture which can attract the consumers. Noodles are food products made from flour or other flour as a main ingredient or addition of other ingredients. The consumers perception and outlook is one of the most important concept used by marketing to understand consumers and important factors which influence consumer decisions. The purpose of this study was to examine the general characteristic of consumer import instant noodle product Samyang and Indomie local instant noodle and analyze perception and outlook of consumers based on attributes of import instant noodle Samyang and Indomie local instant noodle. One of method that can be used to measure the consumers perception and outlook is Multiatribut Fishbein. Multiatribut Fishbein is one of method that can be used in doing a research about the relation and the influence of consumers perception and outlook in purchasing decision. The result of study showed the characteristic of imported instant noodle consumer of Samyang and local instant noodle of Indomie are male, 21-35 years old, unmarried status, student or college student, senior high school students, and people who have income less than 1 million. Due to the analysis of consumer outlook toward instant noodle attributes at the level of importance so the important attributes according to the consumer are the attributes of size, satisfying and taste, and also attributes that are considered important enough to consumers in instant noodles are price, texture, sales promotion and lifestyle. Moreover in the level of consumers trust in imported instant noodle Samyang, a good attribute based on consumers is the size, taste and satisfied serving and also the attributes that is considered good enough by consumers is the texture and the price. However the attributes of sales promotion and lifestyle according to the consumer is not good because it is considered insufficient in filling their needs. Furthermore in the level of trust local instant noodles product, original fried noodle Indomie, a good attribute according to consumers is the taste, size, price and texture as well as attributes that considered good enough by consumers is satisfying and sales promotion.Based on consumer perception map, it is seen that Indomie fried is better than Samyang noodle. This is showed from the perception map with the red line superior to the five attributes compared to the blue line which only excels two attributes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2018/242/051805705
Uncontrolled Keywords: Indomie, Persepsi, Samyang, Sikap,/Indomie, Perception, Samyang, Outlook.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 May 2019 07:08
Last Modified: 22 Nov 2021 07:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164256
[thumbnail of Aprilia Khoirunnisa.pdf] Text
Aprilia Khoirunnisa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item