Rencana Strategi Kelompok Masyarakat Pengawas (POKMASWAS) Rembeng Raya Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur

Baiti, Sakriva Jauharatul (2018) Rencana Strategi Kelompok Masyarakat Pengawas (POKMASWAS) Rembeng Raya Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kecamatan Watulimo memiliki potensi sumberdaya perikanan yang cukup tinggi. Kecamatan Watulimo merupakan daerah pesisir yang memeiliki beberapa pantai di tiap desanya. Maka dari itu dapat dikatakan bahwa potensi perikanan tangkap berkembang sangat pesat. Selain dibidang perikanan, bidang pariwista di kecamatan Watulimo ini juga berkembang dengan pesat, namun dalam pengelolaannya masih kurang. Strategi yang berbasis pada upaya peningkatan produktivitas daerah dengan mendukung strategi agreif dengan melakukan pengembangan dibergbai sector-sektor, peningkatan lingkungan usaha serta pengembangan insfrastruktur dan sumberdaya manusia merupakan strategi yang diarahkan pada masyarakat Kecamatan Watulimo. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kondisi umum dan potensi umberdaya kelautan dan perikanan yang ada, menentukan perencanaan strategi pengembangan POKMASWAS Rembeng Raya di Kecamatan Watulimo serta merumuskan arahan kebijakan yang mendukung perencaan strategi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Data yang diperoleh tedirii data primer dan data sekunder. Sedangkan untuk pengolahan data menggunakan analisis SWOT dan AHP, dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel dan Expert Choice 11. Rencana strategi yang diperoleh dengan menggunakan metode SWOT menunjukkan bahwa hasil didapat pada kuadran I yaitu strategi SO (Strenght-Opportunities), yang meliputi : (1) Keberadaan jalur lintas selatan sangat mendukung pengembangan potensi pariwisata di Kabupaten Trenggalek sehingga menjadikannya sebagai kawasan pariwisata maupun ekowisata. (2) Pengembangan potensi terumbu karang dan ikan serta apartemen/rumah ikan dengan melibatkan stakeholder dalam pengelolaan kawasan pesisir. (3) Mengembangkan sumberdaya manusia dan memanfaatkan potensi wilayah pesisir dan laut menjadi kawasan konservasi yang sesuai dengan peraturan perudangan yang berlaku. (4) Mengoptimalkan fungsi jejaring POKMASWAS dalam pengelolaan kawasan pesisir di Kecamatan Watulimo. (5) Munculya mata pencaharian lain untuk masyarakat di kawasan pesisir. Hasil AHP dari pengilahan data emnggunakan Expert Choice 11, strategi yang menjadi prioritas dalam mendukung perencanaan strategi yaitu (1) Meningkatkan pendapatan, (2) Pengembangan sumberdaya terumbu karang dan ikan, (3) Pengembangan sumberdaya manusia, (4) Pengembangan potensi pariwisata, (5) Keputusan pemerintah Kabupaten Trenggalek, (6) pengembangan sarana dan prasarana, (7) Penegakan hukum.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/555/051806273
Uncontrolled Keywords: Sumberdaya Perikanan, Potensi Perikanan, Kelompok Masyarakat,
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 08 Oct 2019 08:30
Last Modified: 08 Oct 2019 08:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164203
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item