Analisis Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Pdrb Per Kapita, Dan Kemiskinan Terhadap Ketimpangan (Studi Komparasi Pada Provinsi Pulau Jawa Dan Provinsi Luar Jawa Pada Tahun 2011-2016)

Zuhro, Dexca Muamar Rafiqi Afifatus (2018) Analisis Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Pdrb Per Kapita, Dan Kemiskinan Terhadap Ketimpangan (Studi Komparasi Pada Provinsi Pulau Jawa Dan Provinsi Luar Jawa Pada Tahun 2011-2016). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Setiap negara tidak terkecuali Indonesia pada dasarnya menginginkan kegiatan perekonomiannya berkembang dari tahun ke tahun. Tumbuhnya perekonomian tidak serta merta meningkatkan kesejahteraan keseluruhan masyarakatnya, ketimpangan pun tidak bisa dihindari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengaruh dari kualitas sumber daya manusia, PDRB per kapita dan kemiskinan terhadap ketimpangan yang terjadi di Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pooled data atau data panel.Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitas sumber daya manusia yang dilihat dari angka harapan hidup dan rata-rata lama sekolah, PDRB per kapita dan kemiskinan terhadap ketimpangan. Temuan yang didapat dari hasil regresi penelitian ini adalah variabel PDRB per kapita dan rata-rata lama sekolah berpengaruh terhadap ketimpangan di Pulau Jawa, sedangkan variabel angka harapan hidup dan kemiskinan tidak berpengaruh signifikan. Kemudian untuk kondisi luar Pulau Jawa, angka harapan hidup, rata-rata lama sekolah dan kemiskinan berpengaruh terhadap ketimpangan dan PDRB per kapita tidak berpengaruh signifikan. Dari hasil penelitian ini, variabel rata-rata lama sekolah merupakan variabel penentu dalam dalam menentukan ketimpangan di kedua wilayah. Pembangunan sumber daya manusia hendaknya lebih diperhatikan lagi oleh pemerintah karena investasi sumber daya manusia merupakan dasar utama bagi setiap negara agar dapat berkembang pesat mengikuti jaman dan juga tidak melupakan infrastruktur pendukung agar pendidikan dapat digapai dengan mudah hingga seluruh pelosok Indonesia.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2018/645/051811591
Uncontrolled Keywords: PDRB per kapita, sumber daya manusia, angka harapan hidup, ratarata lama sekolah, kemiskinan, ketimpangan.
Subjects: 300 Social sciences > 331 Labor economics > 331.1 Labor force and market
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 12 Aug 2019 07:12
Last Modified: 20 Oct 2021 08:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164168
[thumbnail of DEXCA MUAMAR RAFIQI AZ.pdf]
Preview
Text
DEXCA MUAMAR RAFIQI AZ.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item