Analisis Pengaruh Konsumsi Energi Terbarukan Dan Energi Tidak Terbarukan Terhadap GDP Negara Anggota OECD (Organisation For Economic Co-Operation And Development)

Setiyawan, Johan Aji (2018) Analisis Pengaruh Konsumsi Energi Terbarukan Dan Energi Tidak Terbarukan Terhadap GDP Negara Anggota OECD (Organisation For Economic Co-Operation And Development). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Setelah terjadinya revolusi industri yang pertama dimana di temukanya mesin uap yang membuat proses produksi semakin cepat dan banyak membuat pertumbuhan ekonomi pun meningkat secara pesat. meningkatanya perekonomian ini juga menyebabkan menyebabkan jumlah konsumsi energi yang di lakukan untuk kebutuhan proses produksi juga terus meningkat . mayoritas jenis energi yang digunakan dalam proses produksi ialah jenis energi yang tidak terbarukan dimana penggunaan jenis energi ini menghasilkan gas co2 atau gas rumah kaca yang lain yang menimbulkan pemanasan global. kesepakatan yang bernama paris agreement oleh negara – negara yang ada di dunia dimana salah satu poinnya ialah untuk membatasi kenaikan suhu rata-rata dunia sebesar 2° C di atas tingkat pra industrialisasi, untuk mencapai target tersebut maka perlu di lakukan pengurangan terhadap penggunaan energi yang menimbulkan gas rumah kaca dan meningkatkan penggunaan energi yang lebih ramah lingkungan . namun kenyataanya sampai sekarang pengunaan energi yang tidak terbarukan masih mendominasi dan menurut departemen energi US diperkirakan konsumsi energi akan naik sebesar 28 % dan 77 % dari konsumsi tersebut merupakan konsumsi energi tidak terbarukan. Ketergantungan terhadap energi tidak terbarukan ini tentu bertentangan kesepakatan dalam Paris agreement, oleh karena itu peniliti ingin mengetahui penyebab hal tersebut terjadi dengan mencari tahu jenis energi mana yang paling berpengaruh terhadap GDP dengan menggunakan Negara anggota OECD sebagai subyek penelitian dikarenakan negra OECD mempunyai konsumsi energi yang tinggi tingkat emisi gas rumahkaca yang tingi serta perekonomian yang maju.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2018/644/051811590
Uncontrolled Keywords: konsumsi energi terbarukan, konsusmi energi tidak terbarukan, pertumbuhan ekonomi, GDP, minyak bumi, batu bara, OECD,
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.7 Land, recreational and wilderness areas, energy > 333.79 Energy
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 18 Sep 2019 06:51
Last Modified: 20 Oct 2021 08:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164167
[thumbnail of JOHAN AJI SETIYAWAN.pdf]
Preview
Text
JOHAN AJI SETIYAWAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item