Manajemen Risiko Pemasaran Keripik Buah So Kressh dengan Metode Fuzzy Failure Mode and Effect Analysis (Fuzzy-FMEA) dan Fuzzy Analytical Hierarchy Process (Fuzzy-AHP) (Studi Kasus di CV Kajeye Food, Malang).

Fauziyah, Yulia (2018) Manajemen Risiko Pemasaran Keripik Buah So Kressh dengan Metode Fuzzy Failure Mode and Effect Analysis (Fuzzy-FMEA) dan Fuzzy Analytical Hierarchy Process (Fuzzy-AHP) (Studi Kasus di CV Kajeye Food, Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Risiko pemasaran adalah kejadian buruk yang berpotensi terjadi pada semua kegiatan usaha yang berkaitan dengan arus penyerahan barang dan jasa dari produsen ke konsumen. Risiko pemasaran yang dihadapi perusahaan meliputi selera konsumen cepat berubah, risiko munculnya pesaing sehingga menyebabkan terjadinya persaingan pasar dan harga, risiko produk ditolak konsumen karena rusak, serta risiko penjualan yang fluktuatif dan tidak sesuai dengan target. CV Kajeye Food adalah salah satu perusahaan makanan yang bergerak di bidang pengolahan keripik buah dengan merek dagang So Kressh. Pemasaran keripik buah So Kressh meliputi seluruh daerah di Indonesia, bahkan sampai ke luar negeri. Luasnya jangkauan pemasaran merupakan potensi ekonomi dan peluang pasar yang cukup baik bagi perusahaan. Namun potensi dan peluang tersebut tidak terlepas dari terjadinya risiko pemasaran yang mempengaruhi keberlanjutan hidup perusahaan. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengidentifikasi risiko pada pemasaran keripik buah So Kressh, menganalisis risiko yang harus diprioritaskan untuk segera ditangani, dan merumuskan strategi penanganan risiko yang sebaiknya dilakukan oleh CV Kajeye Food. Metode yang digunakan untuk mengelola risiko yaitu metode Fuzzy Failure Mode and Effect Analysis (Fuzzy FMEA) dan Fuzzy Analytical Hierarchy Process (FAHP). Metode Fuzzy Failure Mode and Effect Analysis (Fuzzy FMEA) digunakan untuk mengukur dan memprioritaskan risiko, sedangkan Fuzzy Analytical Hierarchy Process (FAHP) digunakan untuk menentukan strategi mitigasi risiko. Strategi mitigasi didapatkan dengan melakukan wawancara dan brainstorming dengan viii responden pakar. Responden pakar yang digunakan terdiri dari kepala bagian pemasaran dan dua orang karyawan bagian pemasaran. Risiko yang memiliki nilai FRPN tertinggi dilakukan strategi mitigasi menggunakan fuzzy AHP. Hasil perhitungan menggunakan fuzzy FMEA menunjukkan bahwa pada pemasaran keripik buah So Kressh diperoleh risiko tertinggi yaitu selera konsumen cepat berubah dengan Fuzzy Risk Priority Number (FRPN) sebesar 6,95. Risiko terendah adalah risiko produk ditolak konsumen karena rusak dengan FRPN sebesar 4,12. Strategi mitigasi dilakukan pada prioritas risiko yang memiliki tiga nilai FRPN tertinggi karena merupakan risiko yang paling mempengaruhi proses pemasaran. Tiga prioritas risiko tersebut adalah selera konsumen cepat berubah, munculnya pesaing, dan persaingan harga. Mitigasi yang dilakukan pada tiga risiko teratas tersebut sudah dapat mewakili 13 risiko lainnya. Pemilihan alternatif strategi dilakukan dengan cara diskusi dengan responden pakar agar diperoleh strategi yang sesuai. Alternatif strategi risiko konsumen cepat berubah yang memiliki bobot tertinggi adalah fokus terhadap konsumen. Alternatif strategi risiko munculnya pesaing yang memiliki bobot tertinggi adalah menciptakan produk yang berbeda dan unik. Alternatif strategi risiko persaingan harga yang memiliki bobot tertinggi adalah menetapkan harga kompetitif.

English Abstract

Marketing risk is a bad event that has the potential to occur in all business activities related to the flow of goods and services from producers to consumers. The marketing risks faced by the company include fast-changing consumer tastes, the risk of the emergence of competitors, causing market competition and prices, the risk of the product being rejected by consumers because of damage, and fluctuating sales risks that are not in line with the target. CV Kajeye Food is one of the food companies engaged in the processing of fruit chips with the trademark So Kressh. The marketing of So Kressh fruit chips includes all regions in Indonesia, even abroad. The extent of marketing reach is a good economic potential and market opportunity for the company. However, these potentials and opportunities are inseparable from the occurrence of marketing risks that affect the sustainability of the company. The purpose of this study is to identify the risks in marketing So Kressh fruit chips, analyzing risks that must be prioritized to be addressed immediately, and formulating risk management strategies that should be carried out by CV Kajeye Food. The methods used to manage risk are Fuzzy Failure Mode and Effect Analysis (Fuzzy FMEA) and Fuzzy Analytical Hierarchy Process (FAHP) methods. Fuzzy Failure Mode and Effects Analysis (Fuzzy FMEA) method is used to measure and prioritize risk, while Fuzzy Analytical Hierarchy Process (FAHP) is used to determine risk mitigation strategies. Mitigation strategies are obtained by conducting interviews and brainstorming with expert respondents. The expert respondents used consisted of the head of the marketing department and two x marketing employees. The risk of having the highest FRPN value will be a mitigation strategy using fuzzy AHP. The calculation result using FMEA fuzzy shows that on marketing of So Kressh fruit chips obtained the highest risk that consumer's taste quickly changed with Fuzzy Risk Priority Number (FRPN) of 6,95. The lowest risk is the risk of the product being rejected by consumers because it is damaged with FRPN of 4,12. Mitigation strategies are carried out on risk priorities which have the highest three FRPN values because they are the risks that most influence the marketing process. The three priority risks are fast changing consumer tastes, emergence of competitors, and price competition. Mitigation carried out on the three top risks can already represent 13 other risks. Selection of alternative strategies is done by discussing with expert respondents in order to obtain appropriate strategies. Alternative changes in consumer risk strategies that have the highest weight are focused on consumers. Alternative risk strategies for the emergence of competitors who have the highest weight are creating different and unique products. An alternative price competition risk strategy that has the highest weight is to set competitive prices.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2018/500/051810341
Uncontrolled Keywords: Keripik Buah, Risiko Pemasaran, Fuzzy FMEA, Fuzzy AHP,/ Fruit Chips, Marketing Risk, Fuzzy FMEA, Fuzzy AHP
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.1 Organization and financial management > 658.15 Financial management > 658.155 Management of income and expense
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 May 2019 01:18
Last Modified: 08 Dec 2021 06:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164148
[thumbnail of YULIA FAUZIYAH.pdf]
Preview
Text
YULIA FAUZIYAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item