Prediksi Kebangkrutan Dengan Menggunakan Model Zavgren (Studi Pada Perusahaan Otomotif Dan Komponennya Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)

Adriyan, Rizky (2018) Prediksi Kebangkrutan Dengan Menggunakan Model Zavgren (Studi Pada Perusahaan Otomotif Dan Komponennya Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan melakukan prediksi kebangkrutan pada perusahaan Otomotif dan Komponennya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2012-2016 dengan menggunakan model Zavgren. Rasio-rasio keuangan yang digunakan dalam penelitian ini sebagai variabel independen adalah rasio inventory, rasio receivable, rasio cash, rasio quick, rasio return on investment, rasio debt, dan rasio turn. Jenis penelitian ini adalah dekskriptif kuantitatif yang memberikan gambaran tentang suatu keadaan secara objektif dengan menggunakan prosedur statistik atau cara-cara lain dari kuantifikasi. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 45 responden yang diambil dari populasi perusahaan Otomotif dan Komponennya. Metode sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Analisis data menggunakan regresi logistik. Untuk mengetahui tingkat kesulitan keuangan perusahaan, digunakan cut off untuk membedakan kondisi perusahaan yang sehat, rawan, dan bangkrut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel independen dalam model Zavgren yang terdiri dari inventory, receivable, cash, quick, return on investment, debt, dan turn mampu menjelaskan variabel dependen serta memiliki pengaruh secara simultan terhadap kebangkrutan. Selain itu, variabel inventory merupakan variabel yang paling signifikan secara parsial terhadap kebangkrutan. Terdapat 2 perusahaan yang dikategorikan sehat, 5 perusahaan masuk ke dalam kategori rawan, dan 2 perusahaan dinyatakan bangkrut.

English Abstract

This study aims to predict and determine bankruptcy of automotive and spare part companies listed in the Indonesia Stock Exchange (IDX) in the period of 2012- 2016 using Zavgren model. The financial ratios in this study, i.e. the independent variables, are inventory, receivable, cash, quick, return on investment, debt, and turn. This quantitative descriptive research provides an objective description about a situation using statistical procedures or other ways of quantification. This study uses a sample of 45 respondents selected through saturated sampling technique from the population of automotive and spare part companies. Logistic regression was used to analyze the data, and cut-off was used to distinguish between healthy, vulnerable, and bankrupt condition to help determine the financial level of the companies,. The results of this study indicate that the independent variables in Zavgren model consisting of inventory, receivable, cash, quick, return on investment, debt, and turn are able to explain the dependent variable and have a simultaneous effect on bankruptcy. In addition, inventory is partially the most significant variable for bankruptcy. Furthermore, 2 companies are categorized as healthy, 5 companies are categorized as vulnerable, and 2 companies are declared bankrup

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2018/656/051811602
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Keuangan, Kebangkrutan, Zavgren, Regresi Logistik, financial distress, bankruptcy, Zavgren, logistic regression
Subjects: 300 Social sciences > 332 Financial economics > 332.7 Credit > 332.75 Insolvency and credit restrictions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 05 Apr 2019 03:10
Last Modified: 20 Oct 2021 08:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164143
[thumbnail of RIZKY ADRIYAN.pdf]
Preview
Text
RIZKY ADRIYAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item