Analisis Strategi Pemasaran Pada VIVA.co.id (Studi Kajian Ekonomi Media dalam Perspektif Pemasaran Pada VIVA.co.id)

Andani, Sheila Dwi (2018) Analisis Strategi Pemasaran Pada VIVA.co.id (Studi Kajian Ekonomi Media dalam Perspektif Pemasaran Pada VIVA.co.id). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini merupakan studi analisis marketing dalam studi ekonomi media yang menggunakan metode etnografi. Albarran (2009) mendefinisikan ekonomi media sebagai studi tentang bagaimana industri media menggunakan sumber- sumber yang terbatas untuk menghasilkan jasa yang di distribusikan kepada konsumen. Dalam kata lain media massa dilihat sebagai sebuah industri yang menggunakan sumber-sumber yang dimiliki dalam media itu sendiri untuk memproduksi produk media, yang selanjutnya akan di distribusikan kepada konsumen. Bagaimana media memiliki strategi yang akan didistribusikan kepada konsumen ini yang sangat menarik dikaji dalam perspektif pemasaran, dimana kegiatan pemasaran digunakan media sebagai sarana untuk mendapatkan keuntungan dan juga mendekatkan diri kepada masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses strategi pemasaran VIVA.co.id, jika di tinjau dari perspektif ekonomi media yang dilakukan pada divisi pemasaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dikarenakan objek yang diteliti merupakan suatu fenomena yang akan peneliti deskripsikan melalui proses observasi partisipatif yang dilakukan peneliti. Dalam penelitian ini peneliti terjun langsung ke lapangan, menurut Neuman (2003) penelitian lapangan adalah penelitian yang secara langsung mengamati dan mencatat orang-orang dalam penataan alamiah. Metode yang dilakukan penelitian ini adalah etnografi. Penelitian lapangan juga sering disebut dengan etnografi, atau penelitian participant observation. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa media saat ini tidak hanya dikatakan sebagai sebuah institusi yang menyampaikan informasi, namun media saat ini sudah menjadi sebuah industri. Kegiatan media massa sebagai sebuah industri salah satunya terdapat divisi pemasaran. Seperti hal nya yang dilakukan oleh VIVA.co.id melalui kegiatan pemasaran yang dikaji melalui komunikasi pemasaran pada penelitian ini. Sebagai salah satu portal berita yang merupakan salah satu New Media VIVA.co.id merupakan sebuah konvergensi media. Terdapat banyak dinamika mengenai bagaimana VIVA.co.id menjalankan kegiatan pemasaran seperti pada kegiatan promosi dan juga periklanan yang selanjutnya dapat dikaji dalam studi ekonomi media pada penelitian ini.

English Abstract

This is a study of marketing analysis in the study of media economics using ethnography method. Albarran (2009) defines the media economy as a study of how the media industry uses limited resources to produce services distributed to consumers in society to meet multiple wants and needs. In other words the mass media is seen as an industry that uses the resources it has in the media itself to produce media products, which will then be distributed to consumers. How media has a strategy to be distributed to consumers is very interesting review in a marketing perspective, where marketing activities are used media as a means to gain profit and also get closer to the community. The purpose of this study is to find out how the process of marketing strategy VIVA.co.id, from the perspective of media economics, that conducted on the marketing division. This research is a descriptive qualitative research, because the object under study is a phenomenon that will researchers describe through the process of participant observation conducted by researchers. In this study the researchers went directly to the field, according to Neuman (2003) field research is a study that directly observe and record the people in natural arrangement. The method of this research is ethnography. Field research is also often referred to as ethnography, or participant observation research. The results of this study show that the current media is not only said as an institution that conveys information, but the media has now become an industry. Mass media activities as an industry one of which there is a marketing division that runs marketing activities within the media. As it is done by VIVA.co.id through marketing activities that are studied through marketing communication in this research. As one of the news portals which is one of new media VIVA.co.id is a media convergence. There are many dynamics about how VIVA.co.id runs marketing activities such as promotional and advertising activities which can then be studied in media economics studies.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/390/051805519
Uncontrolled Keywords: pemasaran, ekonomi media, new media, komunikasi pemasaran, konvergensi, promosi, periklanan.-marketing, media economic, new media, marketing communications, convergence, promotion, advertising.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 31 May 2019 03:43
Last Modified: 14 Mar 2022 03:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164036
[thumbnail of Sheila Dwi Andani.pdf]
Preview
Text
Sheila Dwi Andani.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item