Analisis Implementasi Kebijakan Digitalisasi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Studi Analisis Tentang Program Rumah Kreatif BUMN di Kabupaten Malang)

Hafiz, Alif Kamal (2018) Analisis Implementasi Kebijakan Digitalisasi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Studi Analisis Tentang Program Rumah Kreatif BUMN di Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah salah satu penunjang dalam membangun dan meningkatkan kualitas ekonomi, baik secara lokal maupun nasional. Perkembangan UMKM berperan sangat penting khususnya dalam mengurangi dampak kemiskinan dan tingkat pengangguran. Kabupaten Malang sendiri memiliki jumlah UMKM terbesar kedua se-Jawa Timur, dengan potensi yang besar tersebut Kabupaten Malang mampu mengurangi tingkat pengangguran dengan semakin bertambahnya jumlah UMKM di Kabupaten Malang dari tahun ke tahun. Untuk semakin meningkatkan kualitas UMKM yang dimiliki oleh Kabupaten Malang menjadi salah satu daerah yang mendapatkan program Rumah Kreatif BUMN yakni program penggunaan teknologi informasi untuk meningkatkan Kualitas UMKM yang ada. Teori yang digunakan untuk melakukan analisis dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teori Implementasi Kebijakan Merilee S. Grindle yang berguna untuk mengetahui dampak dari program yang dirasakan oleh pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan penjabaran secara deskriptif menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Dengan teknik penentuan informan berdasarkan purposive sampling. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah dengan cara melakukan reduksi data yang telah diperoleh dan selanjutnya melakukan penyajian data yang telah direduksi dan terakhir adalah menarik kesimpulan dari data yang telah ditampilkan. Hasil dari penelitian ini adalah pelaku UMKM di Kabupaten Malang merasakan manfaat dari program tersebut untuk meningkatkan kualitas UMKM yang ada. Dengan adanya pelatihan dan penyedian tempat yang memadai membuat para pelaku UMKM memiliki motivasi lebih dalam meningkatkan kualitas produk UMKM yang dimiliki. Namun, disisi lain masih ada juga pelaku UMKM yang merasa masih sulit untuk beradaptasi dengan munculnya era digitaliasi dewasa ini. Dan itu adalah tantangan bagi program ini dan pemerintah daerah Kabupaten Malang agar semakin giat dan lebih massif dalam membantu para pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Malang.

English Abstract

Micro Small and Medium Enterprises (MSMEs) is one of supporting in developing and improving economic quality, both locally and nationally. The development of MSMEs plays a very important role, especially in reducing the impact of poverty and the unemployment rate. Malang regency itself has the second largest number of SMEs in East Java, with the great potential of Malang regency able to reduce unemployment rate with the increasing number of SMEs in Malang regency from year to year.To further improve the quality of SMEs owned by the District of Malang become one of the areas that get the SOE Creative Home program program using information technology to improve the quality of existing SMEs. The theory used to perform analysis in this research is to use the theory of Policy Implementation Merilee S. Grindle which is useful to know the impact of the program perceived by the perpetrators of MSMEs in Malang Regency. This research uses qualitative research method with descriptive description through data collecting technique through interview, observation and documentary study. With the technique of determining the informant based on purposive sampling. Analytical techniques in this study is to do the reduction of data that has been obtained and then do the presentation of data that has been reduced and the last is to draw conclusions from the data that has been displayed.With the training and the provision of an adequate place among the MSMEs have more motivation in improving product quality MSMEs owned.However, on the other hand there are also perpetrators of MSMEs who feel it is still difficult to adapt to the emergence of the era of digitaliasi today. And it is a challenge for Malang Regency to be more active and more massive in helping the perpetrators of MSMEs in Malang Regency.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/307/051804979
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kebijakan, Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Digitalisasi.-Policy Implementation, Small and Medium Micro Enterprise, Digitalization.
Subjects: 300 Social sciences > 334 Cooperatives
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 15 May 2019 01:26
Last Modified: 14 Mar 2022 03:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163984
[thumbnail of Alif Kamal Hafiz.pdf]
Preview
Text
Alif Kamal Hafiz.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item