Ulandari, Melin Puspita (2018) Pengaruh Product Match-Up Terhadap Minat Beli Produk Gaming (Studi Elaboration Likelihood Model Pada Akun Instagram Nixia @Nixia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari attractiveness (X1), expertise (X2) dan value (X3) terhadap minat beli produk gaming (Y) dengan menggunakan hipotesis product match-up sebagai konsep besar. Peneliti memilih Nixia sebagai objek penelitian karena ia merupakan salah satu pelopor gamers ladies di Indonesia. Meskipun gamer identik dengan seorang pria, namun Nixia mampu membuktikan bahwa seorang gamer profesional tidak hanya dapat dilakukan oleh pria. Nixia bahkan dipercaya untuk mempromosikan produk-produk gaming ternama dalam akun media sosialnya yaitu Instagram. Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode survei dengan tipe penelitian eksplanatif. Hipotesis product match-up secara simultan memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli produk gaming. Jika secara parsial, attractiveness adalah satu-satunya variabel yang memiliki pengaruh secara signifikan. Sehingga keberadaannya dalam celebrity endorser dianggap penting, sedangkan untuk expertise dan value dapat diabaikan dalam penelitian ini karena pengaruhnya yang tidak signifikan.
English Abstract
This study aims to determine the effect of attractiveness (X1), expertise (X2) and value (X3) on buying interest of gaming product (Y) by using product match-up hypothesis as big concept. Researchers chose Nixia as a research object because it is one of the pioneers of ladies gamers in Indonesia. Although gamers are synonymous with a man, but Nixia is able to prove that a professional gamer can not only be done by men. Nixia is even trusted to promote leading gaming products in its social media account Instagram. This quantitative research uses survey method with explanative type of research. The product match-up hypothesis simultaneously gives a positive and significant influence on the buying interest of gaming products. If partially, attractiveness is the only variable that has significant influence. So its existence in celebrity endorser is considered important, while for expertise and value can be ignored in this research because of its insignificant influence.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIS/2018/330/051805045 |
Uncontrolled Keywords: | product match-up, attractiveness, expertise, value-product match-up, attractiveness, expertise, value |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 10 Oct 2019 07:18 |
Last Modified: | 14 Mar 2022 03:08 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163982 |
Text
Anindya Erina Widianty.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |