Penggambaran Fashion Muslimah Pada Majalah Muslimah Di Indonesia (Analisis Isi Kualitatif Pada Majalah Noor, Paras, Aulia dan Annisa)

Lutfi, Rifka Rizqina (2018) Penggambaran Fashion Muslimah Pada Majalah Muslimah Di Indonesia (Analisis Isi Kualitatif Pada Majalah Noor, Paras, Aulia dan Annisa). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam beberapa tahun terakhir, fashion Muslimah menjadi tren dan umumnya dipakai oleh masyarakat Indonesia yang beragama Islam. Perkembangan tren fashion muslimah tidak lepas dari salah satu fungsi media massa yaitu sebagai alat penyedia informasi tentang peristiwa dan kondisi dalam masyarakat dan dunia (McQuaill, 1987, h. 63). Perubahan gaya hidup akibat bentukan budaya populer yang berkembang semakin luas ini menjadi semakin diakui dan dilakukan oleh banyak orang yang bertindak sebagai konsumen dari apa yang “dijual” oleh media massa. Dengan meluasnya tren fashion muslimah yang dihantarkan oleh media massa, maka hal ini merupakan pasar yang besar dengan dampak ekonomis yang luar biasa dengan ditandai kemunculan majalah muslimah seperti Noor, Paras, Aulia dan Annisa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif menggunakan metode analisis isi dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya perubahan tren pada jenis fashion muslimah dan adanya identitas budaya yang ditampilkan dalam fashion muslimah. Selain itu, menurut kajian cultural studies, fenomena ini dipengaruhi oleh tiga aspek yang dirumuskan dalam culturally-coded identity yang terdiri dari gender, kelas sosial dan persoalan identitas lain. Gender dalam konteks ini adalah sebuah fenomena konstruksi sosial khsusnya dalam masalah fashion. Hal ini dapat dilihat dari penggunaan celana dalam fashion muslimah. Kelas sosial dilihat fashion dikonstruksi oleh pengalaman kelompok-kelompok sosial atas tatanan sosial yang mana tidak lepas dari status ekonomi. Hal ini terlihat dari sumbangsih terbesar fashion muslimah dalam perekonomian yang ditandai dengan bermunculannya berbagai merek fashion muslimah. Persoalan identitas lain dilihat dari identitas selain kedua hal diatas yang memengaruhi perubahan tren fashion muslimah.

English Abstract

In recent years, Muslim fashion has become a trend and is generally used by the Indonesian Muslims. The development of Muslim fashion trends can not be separated from one of the functions of mass media that is as a tool provider information about events and conditions in society and the world (McQuaill, 1987, p. 63). Lifestyle changes due to the formation of a growing popular culture is becoming increasingly acknowledged and done by many people who act as consumers of what is "sold" by the mass media. With the widespread trend of Muslim fashion delivered by the mass media, it is a huge market with tremendous economic impact with the marked appearance of Muslim magazines such as Noor, Paras, Aulia and Annisa. This research uses qualitative research using content analysis method with qualitative descriptive approach. The results of this study indicate that there is a change on Muslim fashion trend and the existence of cultural identity is displayed in Muslim fashion. In addition, according to the cultural studies, the phenomenon is influenced by three aspects formulated in a culturally-coded identity consisting of gender, social class and other identity issues. Gender in this context is a phenomenon of social construction especially in fashion. This can be seen from the use of trousers in Muslim fashion. The social class seen by fashion is constructed by the experience of social groups over the social order which can not be separated from the economic status. This can be seen from the greatest contribution of Muslim fashion in the economy which is marked by the emergence of various Muslim fashion brands. Other identity issues seen from the identity in addition to the two things above that affect the change of fashion trends Muslim.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/323/051804995
Uncontrolled Keywords: Fashion muslimah, majalah muslimah, analisis isi kualitatif, culturally-coded identity-muslim fashion, islamic magazine, qualitative content analysis, culturally-coded identity
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 646 Sewing, clothing , management of personal and family life > 646.3 Clothing and accessories
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 24 Jun 2019 06:35
Last Modified: 14 Mar 2022 02:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163910
[thumbnail of Rifka Rizqina Lutfi.pdf]
Preview
Text
Rifka Rizqina Lutfi.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item