Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Mobile Commerce Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Negeri Di Kota Malang

Mahardika, Devinta (2018) Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Mobile Commerce Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Negeri Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kemajuan dalam komunikasi nirkabel telah meningkatkan jumlah orang yang menggunakan mobile devices dan telah mempercepat pertumbuhan mobile commerce. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi minat menggunakan mobile commerce pada mahasiswa jurusan akuntansi di kota Malang. Penelitian ini menggunakan dua konstruk yang diadopsi dari model Technology Acceptance Model (TAM) yaitu persepsi keguanan dan persepsi kemudahan, dua konstruk yang diadopsi dari Theory of Planned Behaviour (TPB) dalam konteks mobile commerce yaitu persepsi biaya dan pengaruh sosial, satu konstruk berdasarkan kepercayaan yaitu kepercayaan, dan dua konstruk tambahan yaitu persepsi privasi dan persepsi keamanan. Melalui penggunaan metode survei, data sampel yang berhasil dianalisis dalam penelitian ini dengan menggunakan alat uji Partial Least Square (PLS) terdiri dari 150 kuesioner yang berasal dari mahasiswa jurusan akuntansi Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, dan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa minat untuk menggunakan mobie commerce dipengaruhi oleh persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, pengaruh sosial, kepercayaan, persepsi privasi, dan persepsi keamanan. Sebaliknya, persepsi biaya tidak berpengaruh terhadap minat menggunakan mobile commerce. Sebagai implikasinya, aspek-aspek terkait dengan manfaat, kemudahan penggunaan, perkembangan budaya di masyarakat, keandalan dan kerahasiaan, serta keamanan dapat digunakan sebagai pertimbangan oleh vendor penyedia layanan mobile commerce dalam mengembangkan dan meningkatkan kinerja layanan yang diberikan

English Abstract

Advancements in wireless communications have increased the number of mobile device users and have accelerated mobile commerce growth. Therefore, the objective of this study is to examine factors that influence the intention of accounting students in Malang to use mobile commerce. This study uses two constructs adopted from Technology Acceptance Model (TAM), i.e. perceived usefulness and perceived ease of use, two constructs adopted from Theory of Planned Behavior (TPB) in mobile commerce context, i.e. perceived cost and social influence, one construct based on trust, i.e. trust, and two additional constructs, i.e. perceived privacy and perceived security. The data of this study were obtained from questionnaires distributed to 150 accounting students from Brawijaya University, State University of Malang, and State Islamic University of Malang who were selected using survey methods, and were analyzed using Partial Least Square (PLS). The results of this study indicate that the intention to use mobile commerce is influenced by perceived usefulness, perceived ease of use, social influence, trust, perceived privacy, and perceived security. In contrast, perceived cost has no influence on intention to use mobile commerce. Therefore, aspects related to benefits, ease of use, cultural development in society, reliability and confidentiality, and security should be considered by mobile commerce service provider vendors in developing and improving the performance of their services.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2018/258/051805529
Uncontrolled Keywords: Minat penggunaan, Mobile commerce, Intention to use, Mobile commerce
Subjects: 300 Social sciences > 381 Commerce (Trade) > 381.1 Marketing channels > 381.14 Retail channels by merchandising pattern > 381.142 Teleshopping
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 19 Sep 2019 04:29
Last Modified: 20 Oct 2021 04:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163901
[thumbnail of Devinta Mahardika.pdf]
Preview
Text
Devinta Mahardika.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item