Analisis Dampak Pemberdayaan Perempuan Terhadap Kesejahteraan Keluarga (Studi Pada Koperasi Jasa Keuangan Syariah Ukhuwah Pro-Ibu Bekasi)

Robbani, Muhammad Muhyiddin (2018) Analisis Dampak Pemberdayaan Perempuan Terhadap Kesejahteraan Keluarga (Studi Pada Koperasi Jasa Keuangan Syariah Ukhuwah Pro-Ibu Bekasi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis: (1) mengetahui bentuk pemberdayaan yang dilakukan KJKS Ukhuwah Pro-IBU; dan (2) dampak pemberdayaan yang dilakukan KJKS Ukhuwah Pro-IBU. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kombinasi dengan model sequential exploratory, dimana metode kualitatif digunakan untuk menjawab tujuan penelitian pertama dan metode kuantitatif untuk menjawab tujuan penelitian kedua. Pada metode kualitatif pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi lalu kemudian diolah melalui tahapan data reduction, data display, dan conclusion. Adapun pada metode kuantitatif pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner yang disebar pada 100 responden anggota KJKS Ukhuwah Pro-IBU. Terdapat dua metode analisa yang digunakan yaitu: (1) analisis regresi linier berganda dengan menggunakan variabel tergantung kesejahteraan materi dan variabel bebas jumlah pembiayaan, kehadiran dalam pertemuan pekanan, lama usaha, jumlah anggota keluarga, usia, etika bisnis Islam, dan pendidikan; dan (2) uji korelasi Pearson yang dilakukan untuk mengetahui hubungan variabel kesejahteraan non materi dengan variabel lain yang digunakan. Hasil penelitian melalui metode kualitatif diketahui bentuk pemberdayan KJKS Ukhuwah Pro-IBU dapat diklasifikasikan sebagai pemberdayaan ekonomi dan Grameen Syariah. Adapun hasil penelitian melalui metode kuantitatif diketahui kesejahteraan materi anggota KJKS Ukhuwah Pro-IBU dipengaruhi beberapa faktor yaitu secara positif adalah pembiayaan, lama usaha, pendidikan dan secara negatif yaitu jumlah anggota keluarga dan usia. Selanjutnya diketahui kesejahteraan non materi memiliki hubungan dengan variabel lainnya yaitu hubungan positif denganxi derajat keeratan sedang dengan variabel kesejahteraan materi, pembiayaan, etika bisnis Islam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2018/563/051810709
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Perempuan, Grameen Bank, Grameen Syariah, Bekasi
Subjects: 300 Social sciences > 305 Groups of people > 305.3 People by gender or sex
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 21 Jun 2019 04:28
Last Modified: 20 Oct 2021 07:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163838
[thumbnail of Muhammad Muhyiddin Robbani.pdf]
Preview
Text
Muhammad Muhyiddin Robbani.pdf

Download (43MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item