Strategi Pencak Silat Tradisional Bintang Timur dalam Mempertahankan dan Melestarikan Kesenian Can Macanan Kadduk di Kabupaten Jember

Affandi, Gandi Indika (2018) Strategi Pencak Silat Tradisional Bintang Timur dalam Mempertahankan dan Melestarikan Kesenian Can Macanan Kadduk di Kabupaten Jember. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan Kesenian Can Macanan Kadduk di Kabupaten Jember yang semakin lama semakin memprihatinkan. Hal tersebut dikarenakan semakin banyaknya budaya pop modern yang ada di masyarakat. Sehingga masyarakat saat ini dapat memilih jenis kesenian apa yang ingin ditampilkan dalam acara yang mereka adakan. Oleh karena itu perlu adanya sebuah tindakan untuk mempertahankan dan melestarikan Kesenian Can Macanan Kadduk di Kabupaten Jember. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini ialah Konsep habitus, modal dan ranah milik Pierre Bourdieu. Habitus, modal dan ranah tidak dapat dipisahkan, Habitus yang dilakukan oleh aktor tidak akan berjalan jika tidak diimbangi dengan modal yang dimiliki. Oleh karena itu modal memiliki peran dalam menentukan habitus yang dimiliki oleh aktor tersebut. Habitus dan modal dilakukan dalam sebuah ranah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah Deskriptif Kualitatif. Hasil dari penelitian ini ialah strategi yang dilakukan oleh PPST Bintang Timur dalam mempertahankan dan melestarikan Kesenian Can Macanan Kadduk ialah dengan menggunakan strategi reproduksi dan strategi rekonversi. Dari kedua strategi tersebut PPST Bintang Timur membuat sebuah kegiatan yakni melegalkan PPST Bintang Timur sebagai paguyuban yang sah secara hukum, mengadakan latihan rutin. Selain itu PPST Bintang Timur juga rutin mengadakan kegiatan arisan dan padang bulan.

English Abstract

The development of can macanan kadduk art performance in Jember District which by time become worth concerning. Due to the fact that more and more modern pop culture are growing in the society. So that the society nowadays can choose which type of art performance they would try to feature in the events they set. One way to know that the existence of Can Macanan Kadduk art performance is becoming less anticipated is that by looking at the level of response which has been accepted by the PPST Bintang Timur. So, there must be an action or a solution towards this problem in order to preserve Can Macanan Kadduk art performance existence in Jember residence. The concept that is used in this research is the Habitus, capital and field concept by Pierre Bourdieu. Habitus and capital cannot be separated. A habit that is done by one will not run if it is not balanced with the capital owned. Hence, capital has an important role in determining habit which a person has. Habitus and capital is done in a certain field. Method used in this research is descriptive qualitative. The result of this research is the strategy done by PPST Bintang Timur in defending and preserving Can Macanan Kadduk art performance by having reproduction and reconversion procedures. From those two strategies, PPST Bintang Timur made an activity that confirms PPST Bintang Timur as a legal organization, creating routine gatherings. Other than that, PPST Bintang Timur also routinely do activities like ‘arisan’ an ‘padang bulan’.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/955/051811785
Uncontrolled Keywords: Kesenian Can Macanan Kadduk, Habitus, Modal, Ranah, Strategi Can Macanan Kadduk traditional art, Habitus, Capital, Field, Strategy
Subjects: 700 The Arts > 700 The arts > 700.598 28 East Java
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 23 Sep 2019 01:36
Last Modified: 25 Oct 2021 02:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163822
[thumbnail of Gandi Indika Affandi.pdf]
Preview
Text
Gandi Indika Affandi.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item