Peran Tamping Dalam Praktik Pungli Di Lembaga Pemasyarakatan X

Aditya, Aldzah Fatimah (2018) Peran Tamping Dalam Praktik Pungli Di Lembaga Pemasyarakatan X. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Lembaga Pemasyarakatan merupakan sebuah lembaga yang dibentuk oleh pemerintah untuk membina para narapidana. Tamping adalah sebuah posisi yang berguna untuk secara langsung mengikutsertakan narapidana pada kegiatan-kegiatan pembinaan di Lembaga Pemasyarakatan. Pada posisi tamping tersebut narapidana akan dilatih dalam hal-hal yang dapat menunjang kehidupan sosial ekonomi mereka pada saat kembali ke dalam masyarakat. Pelatihan yang dilakukan seperti, menjahit, membatik, memasak, kesenian, olahraga dan kegiatan pembinaan lainnya. Hasil penelitian ini akan menunjukkan sisi lain dari posisi tamping di dalam Lembaga Pemasyarakatan, yaitu adanya peran tamping dalam praktik pungli di Lembaga Pemasyarakatan X. Untuk menjabarkan fenomena tersebut, peneliti menggunakan analisis teori kontestasi habitus (Pierre Bourdieu) dan metode kualitatif deskriptif. Tamping dijadikan sebagai pihak penengah untuk menghindari sipir dari Operasi Tangkap Tangan (OTT). Tamping juga menjadi pihak yang melakukan pungli secara langsung dalam hal-hal fasilitas dan administratif di dalam Lembaga Pemasyarakatan X.

English Abstract

Prison is an institution made by the government to build the prisoner. Tamping is a position to involve those prisoners to join some activities in that prison. In tamping position, those prisoners are trained to support their socio-economic life onc e they get back to the society. Those training are sewing, doing some batik, cooking, doing some art work, and sports. The result of this research showed the other side of tamping in the prison, namely a social practice of tamping in extortion activities in Prison X. To describe those phenomena, the writer used the theory of habitus contestation by Pierre Bordieu and descriptive qualitative method. Tamping described as a mediator to avoid the warder and Operasi Tangkap Tangan (OTT). Tamping also a party that directly engaged in extortion activity in facilities and administrative matters within Prison X.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/1081/051901233
Uncontrolled Keywords: Lapas, pungli, tamping, habitus-Prision, tamping, extortion, habitus.
Subjects: 300 Social sciences > 364 Criminology > 364.1 Criminal offenses > 364.16 Offenses against property > 364.165 Extortion
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 23 Jul 2019 02:23
Last Modified: 23 Jul 2019 02:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163773
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item