Analisis Formulasi Kebijakan City Branding Colorful Medan Tahun 2017

Syahputra, Yoko (2018) Analisis Formulasi Kebijakan City Branding Colorful Medan Tahun 2017. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

City Branding adalah suatu langkah yang strategis yang dilakukan dengan membentuk sebuah tagline yang mampu menggambarkan sebuah potensi, membentuk identitas dan membangun serta menunjukkan sebuah pembeda antara satu kota dengan kota lainnya. Kota Medan merupakan salah satu kota yang menerapkan kebijakan city branding. Dalam penerapannya, city branding Kota Medan dikeluarkan oleh Kementerian Pariwisata. Hal ini menarik untuk dikaji lebih dalam karena kebanyakan kota yang ada di Indonesia yang sudah memiliki city branding mengeluarkan city branding mereka sendiri bukan dikeluarkan dan oleh pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pariwisata. Pada penelitian ini membahas proses formulasi dimana hal ini menjadi tahapan awal dalam pembuatan kebijakan. Fokus penelitian untuk mengetahui proses formulasi serta melihat faktor pendorong dan penghambat pada proses formulasi city branding Colorful Medan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif desktiptif. Kerangka teori yang digunakan ialah teori formulasi kebijakan dari Budi Winarno yang menggunakan empat tahapan dalam proses formulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari indikator (1) Pada proses perumusan terdapat empat masalah dan tuntutan yang ditemukan yang belum mengidentifikasi kota Medan secara sepenuhnya (2) Pada proses agenda setting melibatkan berbagai pihak yang dibentuk di dalam tim pembentukan city branding (3) Terdapat beberapa model dalam tahapan pemilihan alternatif kebijakan akan tetapi pemilihan alternatif kebijakan yang muncul dalam tahap ini tidak diberitahukan dan dikonsultasikan kepada masyarakat terlebih dahulu dalam memilih model mana yang paling cocok dan mampu menggambarkan Kota Medan secara sepenuhnya (4) Penetapan kebijakan yaitu dalam bentuk Keputusan Menteri Nomor KM.38/UM.001/MP/2017 tentang 10 (sepuluh) Logo Branding destinasi pariwisata Indonesia. Adapun faktor pendukung yakni proses tahapan pembentukan city branding Colorful Medan sudah lebih baik dan juga merupakan turunan dari branding destinasi wisata Indonesia yaitu Wonderful Indonesia, sedangkan faktor penghambat yaitu terbatasnya waktu pembuatan dan adanya tuntutan yang tinggi terkait jumlah kunjungan wisatawan pada tahun 2019 sehingga diharapkan city branding dapat segera diimplementasikan.

English Abstract

City Branding is a strategic step that is carried out by forming a tagline that is able to describe a potential, shape identity and build and show a difference between one city and another city. Medan is one of the cities that implement city branding policies. In its implementation, Medan City branding was issued by the Ministry of Tourism. This is interesting to study more because most cities in Indonesia that already have city branding issue their own city branding rather than being issued and by the central government in this case the Ministry of Tourism. In this study discuss the formulation process where this becomes the initial stage in policy making. The focus of the research is to find out the formulation process and see the driving and inhibiting factors in the Colorful Medan city branding formulation process. The research method used is desktiptif qualitative method. The theoretical framework used is the theory of policy formulation from Budi Winarno which uses four stages in the formulation process. The results of the study show that from the indicators (1) In the formulation process there are four problems and demands found that have not fully identified the city of Medan (2) In the agenda setting process involving various parties formed in the city branding formation team (3) There are several models in the stage of choosing an alternative policy but the selection of alternative policies that appear at this stage are not notified and consulted with the society in advance in choosing which model is most suitable and able to fully describe the City of Medan (4) Determination of policies in the form of Ministerial Decree No. KM. 38 / UM.001 / MP / 2017 about 10 (ten) Branding Logos for Indonesian tourism destinations. The supporting factors are the process of forming Colorful Medan city branding is better and also a derivative of Indonesia's tourist destination branding, Wonderful Indonesia, while the inhibiting factors are limited manufacturing time and high demands related to tourist visits in 2019 so that city branding is expected can be implemented immediately.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/1069/051901047
Uncontrolled Keywords: Formulasi kebijakan, city branding, Colorful Medan, Kota Medan Policy formulation, city branding, Colorful Medan, Medan City
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 03 May 2019 02:35
Last Modified: 25 Oct 2021 03:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163753
[thumbnail of Yoko Syahputra.pdf]
Preview
Text
Yoko Syahputra.pdf

Download (79MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item