Strategi Social Marketing Dalam Menumbuhkan Perilaku Membuang Sampah Pada Tempatnya Pada Anak Usia Sekolah Dasar (Studi Action Research Pada MI Roudlotul Muslihin, Kec. Kedungkandang, Kota Malang)

Dismarifanda, Audi Firstynisa (2018) Strategi Social Marketing Dalam Menumbuhkan Perilaku Membuang Sampah Pada Tempatnya Pada Anak Usia Sekolah Dasar (Studi Action Research Pada MI Roudlotul Muslihin, Kec. Kedungkandang, Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sampah menjadi masalah yang belum bisa sepenuhnnya teratasi dan diperkirakan akan terus meningkat. Data NASA menunjukkan bahwa setiap tahunnya ada sekitar 8 juta ton sampah yang masuk ke lautan. Penelitian ini berupaya untuk menumbuhkan sikap peduli lingkungan pada anak usia sekolah dasar dengan metode penelitian action research selama empat minggu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menumbuhkan kebiasaan membuang sampah pada tempatnya dan menjaga kebersihan lingkungan pada target adopter, yakni murid-murid MI Roudlotul Muslihin, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang. Teknik pengolahan data melalui deskriptif kualitatif menurut Miles dan Huberman dengan melakukan pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian murid-murid MI Roudlotul Muslihin sudah mengetahui bahwa membuang sampah sembarangan adalah perilaku tidak baik, hanya saja mereka belum sampai pada membiasakan diri menjaga kebersihan lingkungan dan membuang sampah pada tempatnya. Perubahan pada target adopter nampak pada minggu ke dua kegiatan, di mana murid-murid sudah mulai disiplin piket kelas, tertib membuang sampah pada tempatnya, serta menjaga kebersihan kelas dan halaman sekolah. sebelum diadakannya kegiatan, posisi target adopter berada pada tahap precontemplation, yakni mengetahui tentang suatu nilai yang harus dilakukan, namun tak mau tahu dan tidak memiliki kesadaran untuk mengerjakan, dalam hal ini yaitu menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya. Sedangkan setelah dilakukannya kegiatan social marketing, target adopter sampai pada tahap action, yaitu mau melakukan perilaku atau kebiasaan baru dalam dirinya. Dengan adanya perubahan ini, menunjukkan bahwa menanamkan sikap membuang sampah pada tempatnya harus dimulai sejak dini dan dilakukan secara terus-menerus dengan dukungan dari berbagai faktor, baik faktor mikro (keluarga, teman, sekolah) maupun faktor makro (sosial budaya, ekonomi, pemerintah dan organisasi non pemerintah).

English Abstract

Waste is a problem that cannot be fully resolved and is expected to continue to increase. NASA data shows that every year there are around 8 million tons of garbage entering the ocean. This study seeks to foster environmental awareness in elementary school age children with action research methods for four weeks. The aim of this study is to foster the habit of throwing garbage in its place and maintaining environmental cleanliness on target adopters, in MI Roudlotul Muslihin students. , Kedungkandang District, Malang City. Data processing techniques through qualitative descriptive according to Miles and Huberman by conducting data collection, data reduction, and drawing conclusions. The results showed that some MI Roudlotul Muslihin students already knew that littering was bad behavior, but they had not yet come to get used to maintaining environmental cleanliness and disposing garbage in its place. The position of the target adopter is in the precontemplation stage, which is know about a value that must be done, but does not want to know and does not have the awareness to work, in this case is keeping the environment clean by throwing garbage in its place. Whereas after doing social marketing activities, the adopter target reaches the action stage, which is willing to carry out new behaviors or habits.Changes to the target adopter appear in the second week of activities, where students have started class picking discipline, orderly disposing garbage in its place, and maintain class cleanliness and school yard. With this change, it shows that instilling the attitude of disposing garbage in its place must begin early and be carried out continuously with the support of various factors, both micro factors (family, friends, school) and macro factors (socio-cultural, economic, government and non-governmental organization).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/1083/051901235
Uncontrolled Keywords: Komunikasi lingkungan, penelitian tindakan, pemasaran sosial.-Environmental communication, action research, social marketing
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 628 Sanitary engineering > 628.4 Waste technology, public toilets, street cleaning
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 08 May 2019 02:54
Last Modified: 08 May 2019 02:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163743
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item