Representasi Feminisme dalam Film Namaku Siti (Analisis Tekstual Alan McKee Pada Tokoh Siti)

Gustiarti, Tikka (2018) Representasi Feminisme dalam Film Namaku Siti (Analisis Tekstual Alan McKee Pada Tokoh Siti). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Film mempunyai sebuah kelebihan dari aspek audio visual. Dengan begitu pesan yang akan disampaikan sebuah film lebih mudah diterima dan dipahami oleh khalayak. Sebuah film tidak dibuat begitu saja. Sebuah budaya bisa ditampilkan melalui film, yang nantinya menjadikan film itu sebagai perantara komunikasi antara pembuat kepada penonton. Film Namaku Siti merupakan film yang menceritakan tentang perjuangan gadis 15 tahun untuk memutus mata rantai tradisi pernikahan dini dan memperjuangakan akses pendidikan di daerahnya. Latar yang menjadi film ini adalah daerah Cirebon, Jawa barat. Film ini mencoba mengkonstruk realitas budaya yang ada dengan menampilkan bagaimana perempuan diposisikan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan teks yang ada di film Namaku Siti dalam merepresentasikan sosok Siti. Bagaimana budaya mempengaruhi pandangan masyarakat terhadap perempuan dan bagaimana sosok Siti muncul sebagai seorang feminis. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan interpretatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis tekstual Alan McKee. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa gerakan feminisme yang tercermin dari sosok Siti adalah seseorang yang mampu memperjuangkan pendidikan, memberikan pemahaman, empowerment kepada teman sebayanya untuk berani berpendapat dan memilih tujuan hidup yang sama dengan laki-laki. Siti juga berhasil membuat laki-laki yang akan dijodohkan dengan dirinya menempuh pendidikan tinggi dan sadar akan pentingnya sebuah pendidikan. Siti menolak menikah muda dan lebih memilih meneruskan pendidikannya. Ia akan menikah saat ia siap dan sudah menjadi sarjana.

English Abstract

As an audio-visual medium, movie has an ability far greater than words to deliver an important message. Movie is not only entertaining; it portrays opinions and social commentary in an easily understood way to broad audience. It has often been used as a representation of any culture. Hence, a movie becomes a very powerful form of communication which helps moviemaker to communicate with audience. The movie Namaku Siti tells the story of a 15-year-old girl named Siti, who struggles to end child marriage culture and strives for higher education in her hometown in Cirebon, West Java. This movie tries to construct cultural reality by showing us how women are positioned in everyday life. The main aim of this research is to analyze and describe the text within the movie in representing Siti’s character. How culture shapes people’s view about women and how Siti emerges as a feminist figure. This is a qualitative descriptive study with interpretative approach. This research use documents analysis as data collection method and Alan McKee’s textual analysis to analyze texts. The results of this research showed that Siti’s character, a young girl who strives for education and empowers her peers to speak up and take part in the same opportunities as men; can be seen to represent a feminist movement. Siti also makes the man chosen by her parents to be her husband realizes the importance of education. She refuses to marry in her teens and prefers to continue her education. She will get married someday when she is ready and become a scholar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/633/051808043
Uncontrolled Keywords: gender, feminisme, budaya, analisis tekstual, kualitatif. gender, feminism, culture, textual analysis, qualitative.
Subjects: 700 The Arts > 791 Public performances > 791.4 Motion pictures, radio, television > 791.43 Motion pictures > 791.437 Films
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 12 Jun 2019 03:05
Last Modified: 20 Jun 2024 02:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163712
[thumbnail of Tikka Gustiarti.pdf]
Preview
Text
Tikka Gustiarti.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item