Penerapan Immediacy Antara Guru Dengan Siswa Dalam Perspektif Pendidikan Berbasis Islam (Studi Kasus Pada Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang

Annisa, Sandy Sitia Nur (2018) Penerapan Immediacy Antara Guru Dengan Siswa Dalam Perspektif Pendidikan Berbasis Islam (Studi Kasus Pada Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam kajian komunikasi instruksional immediacy merupakan salah satu komponen dasar yang sangat penting dalam proses pembelajaran, mengingat dengan adanya perilaku immediacy dapat menumbuhkan kedekatan antara guru dengan siswa. Beberapa studi sebelumnya menunjukkan bahwa immediacy lebih banyak dikaitkan dengan elemen-elemen dalam proses pembelajaran, sementara penelitian mengenai immediacy dalam konteks kultural masih jarang dilakukan.Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan immediacy yang dilakukan oleh guru kepada siswa dalam pendidikan berbasis Islam. Melalui desain penelitian kualitatif dengan paradigma interpretif dan metode studi kasus, penelitian ini melibatkan lima informan utama yang berprofesi sebagai guru di MAN 3 Malang dan dua informan ahli, yaitu seorang ustadz dan seorang ahli psikologi pendidikan. Data dikumpulkan melalui dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada lembaga pendidikan berbasis Islam, terdapat dua pandangan terhadap relasi antara guru dengan siswa, yaitu guru sebagai orang tua bagi siswanya dan guru sebagai teman bagi siswanya. Meskipun terdapat perbedaan pandangan tersebut, namun cara yang dilakukan oleh guru dalam hal membangun immediacy terhadap siswanya dilakukan dengan cara yang sama. Penerapan immediacy dilakukan baik dengan cara verbal maupun non verbal. Namun, terdapat perbedaan perilaku non verbal immediacy yang dilakukan oleh guru terhadap siswa yang berjenis kelamin sama dengan siswa berjenis kelamin berbeda. Hal ini dipengaruhi oleh adanya nilainilai Islam yang terkandung di dalam budaya madrasah yang berlaku di MAN 3 Malang. Penelitian ini menunjukkan bahwa cara yang tepat dalam hal membangun immediacy tidak hanya melalui penggunaan komunikasi non verbal berupa sentuhan melainkan juga melalui penggunaan komunikasi verbal dan non verbal lainnya.

English Abstract

In instructional communication studies, immediacy is one of the most basic yet important components in the learning process, since immediacy could increase the growth of a student-teacher relationship. Previous studies shown that immediacy is associated with elements in the learning process, meanwhile research on immediacy in cultural context is rarely done. Thus, this research's objective is to unfold how immediacy is applied by the teachers to the student in islamic-based education program. Through qualitative research design with interpretative paradigm, and case studies method, there are seven informants involved in this research, five of which are MAN 3 Malang teachers involved as main informants of the research, a psychologist, and also an ustadz, both as experts informants. The data were collected through documentation and interviews. The result shown that in islamic-based education institution, there are two views regarding teacher-student relationship; the first one is teacher acts as a parent for the student, and the second one is the teacher acts as a friend for the student. Although the two views differ, this research found that the teacher builds immediacy towards their student in the same way. Immediacy is best applied both verbally and non-verbally. But, there is a different application of non-verbal immediacy between a teacher and a student with the same sex, and the different sex. This is attributed to the fact that MAN 3 Malang's education programs is based on islamic values and shariahs, hence the Madrasah. This research shown that the proper way to build immediacy is not only through non verbal communication, but also verbal communication.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/679/051808669
Uncontrolled Keywords: Immediacy, komunikasi instruksional, dan pendidikan berbasis Islam. Immediacy, Instructional Communication, and Islamic based education.
Subjects: 200 Religion > 297 Islam, Babism, Bahai Faith > 297.7 Protection and propagation of Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 07 May 2019 03:06
Last Modified: 04 Oct 2023 06:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163706
[thumbnail of Rr. Sandy Sitia Nur Annisa.pdf] Text
Rr. Sandy Sitia Nur Annisa.pdf

Download (39MB)

Actions (login required)

View Item View Item