Upaya Penguatan Organisasi pada Komunitas Earth Hour di Kota Malang

Aryanto, Novan Agung (2018) Upaya Penguatan Organisasi pada Komunitas Earth Hour di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini akan membahas secara mendalam tentang bagaimana upaya sebuah organisasi penggerak lingkungan Earth Hour di Kota Malang dalam rangka menguatkan dan mempertahankan manajemen organisasinya di tengah sistem volunteering yang digunakan dalam organisasi tersebut. Penelitian ini nantinya akan menggambarkan secara gamblang tentang bagaimana situasi kerja organisasi, pengorganisasian anggota, hingga pada cara-cara yang dilakukan untuk mencapai tujuan organisasi yang telah dicanangkan bersama. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan interaktif dengan konsep dari Harold J. Leavitt tentang skema Leavitt Diamond. Dalam skema ini, Leavitt mencoba menganalisa kerja organisasi melalui hubungan interaksi empat komponen yaitu Struktur, Orang, Tugas dan Kerja Organisasi, serta Teknologi. Leavitt meyakini bahwa kekuatan organisasi sesungguhnya terletak pada keempat komponen tersebut yang saling berinteraksi satu sama lain. Interaksi keempat komponen inilah yang nantinya membawa organisasi untuk mampu bertahan dalam setiap kondisi dan beradaptasi. Konsep ini diciptakan oleh Leavitt sebagai media untuk menjembatani pandangan teori organisasi mikro yang percaya bahwa orang adalah kunci kualitas organisasi dan makro yang meyakini struktur adalah kunci kesuksesan pengelolaan sebuah organisasi. Oleh karena itu, konsep ini digunakan dalam penelitian ini atas dasar pertimbangan subjek penelitian yang merupakan sebuah organisasi serta didasarkan atas tatanan struktural. Selain itu juga didasarkan atas sistem keanggotaan volunteering yang menekankan pentingnya manajemen orang demi kelangsungan organisasi. Dengan demikian, konsep yang dicetuskan oleh Leavitt ini akan dapat memberikan gambaran yang lebih detail tentang kerja organisasi dan upayanya dalam menghadapi dinamika perubahan. Hasil dari penelitian ini nantinya akan berusaha menjelaskan lebih menyeluruh tentang upaya-upaya apa saja yang telah dilakukan oleh Earth Hour Malang untuk mempertahankan organisasinya di tengah dinamika organisasi yang semakin kompleks serta upayanya memperkuat kerja-kerja komponen organisasi agar mampu tetap bekerja dengan maksimal.

English Abstract

This research will discuss deeply about how an environmental organization as Earth Hour in Malang City strengthening and maintain his organizational management in the volunteering system has been used in these organization. This research will be described clearly about how situation of employment work in the organization, how to organizing employee and people in that organization, until how to do ways carried out to achieve organizational goal which has been proclaimed together. In this research will used interactive approach by Harold J. Leavitt about Leavitt Diamond scheme. In this scheme, Leavitt trying to analize an organizational work through interaction of four components that is Structure, People, Task and Organizational Work, and Technology. Leavitt believes that the real strength of the organization lies in the four components that interact with each other. Interaction of these fourth components will be lead the organization to be able to survive and adapt in every situation and conditions. This concept was created by Leavitt as a medium to bridge micro paradigm theory which believes that the people are the key of organizational quality and macro paradigm theory which believes that structure is the key of successful organizational management. Therefore, this concept used in this research because of consideration of the research subject as an organization based on structural order. Besides that also based on volunteering system member which emphasizing the importance of people management for the survival of the organization. Thus, the concept was coined by Leavitt will be able to provide a more detailed description of the organizational work and its efforts in the dinamycs of change. The result of this research will try to explain more thoroughly about the efforts that have been made by Earth Hour Malang to maintain the organization between of an increasingly organizational complex dinamycs and its efforts to strengthen the work of organizational components in order to be able to continue working optimally.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/1026/051900175
Uncontrolled Keywords: Earth Hour Malang, Penguatan Organisasi, Kerja Organisasi. Earth Hour Malang, Organizational Strengthening, Organizational Work.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.1 Organization and financial management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 25 Apr 2019 07:12
Last Modified: 17 Jul 2024 08:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163433
[thumbnail of Novan Agung Aryanto.pdf]
Preview
Text
Novan Agung Aryanto.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item