Idol dalam Televisi: Studi Reception Analysis Program Survival Shows Korea Produce 101

Athfinah, Fachriyati (2018) Idol dalam Televisi: Studi Reception Analysis Program Survival Shows Korea Produce 101. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Media merupakan alat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi dan hiburan, namun sesungguhnya media tidak lebih dari industri bisnis. Media berusaha untuk menanamkan ideologi tertentu yang diyakini dapat mempengaruhi dan menyetir opini publik. Hal tersebut dimanfaatkan oleh media dengan cara membentuk program survival shows yang berkaitan dengan fenomena hallyu yang sedang marak di dunia. Produce 101 merupakan salah satu program survival shows berskala besar yang berusaha menciptakan representasi idol Korea. Program tersebut membentuk definisi hingga standar perempuan dan idol yang ideal berdasarkan pada penampilan, bakat, dan kepribadian. Bakat yang dimaksudkan yaitu bakat untuk menghibur masyarakat, bukan bakat atau kemampuan untuk menjadi seorang penyanyi. Produce 101 berusaha menentang opini publik bahwa idol harus memiliki kemampuan bernyanyi yang baik dan mengarahkan audiens agar memihak beberapa trainee tertentu yang ditunjukkan dari segala hal yang ditayangkan dalam program tersebut. Produce 101 memanipulasi fakta dan membentuk realita sosial baru sesuai dengan kepentingan media tersebut. Meskipun media memiliki kekuatan untuk melakukan hal tersebut, namun penonton sebagai audiens aktif memiliki peran yang lebih besar dalam memaknai pesan dalam media. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa audiens satu dengan audiens lain memiliki pemaknaan dan interpretasi yang berbeda – beda dengan apa yang ditampilkan oleh media. Perbedaan tersebut dianalis melalui studi reception analysis dengan cara mewawancarai beberapa audiens. Beberapa informan mengatakan bahwa mereka menolak dan mengkritik program tersebut karena dianggap tidak realistis, sedangkan informan lain hanya mengikuti alur yang diberikan oleh media dan menikmati program tersebut.

English Abstract

Media is a tool to meet the needs of the society to get information and entertainment, but media is actually no more than a business industry. Media try to instill certain ideologies that are believed to influence and drive public opinion. This is used by media to form a survival shows program which is related to hallyu phenomenon that became popular in the world. Produce 101 is a large-scale survival shows program that seeks to represent Korean idols. The program forms an ideal idol definitions and standards based on appearance, talent, and personality. Talent means the skill to entertain the society, not a real talent or ability to become a singer. Produce 101 tried to oppose public opinion that idols must have good singing skills and direct the audience to favor certain trainees that could be show clearly in the program. Produce 101 manipulate facts and form new social realities in accordance with the interests of the media. Although media has the power to do that, viewers as an active audience has a bigger role in interpreting media messages. The results of this study indicate that one audience can have different meanings and interpretations from another audience what is displayed by the media. The difference can be analyzed through reception analysis studies by interviewing several audiences. Some informants said that they refused and criticized the program because it was considered unrealistic, while other informants only followed the path provided by the media and enjoyed the program.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/1018/051900166
Uncontrolled Keywords: Program Televisi, Korea, Reception Analysis-Television Program, Korea, Reception Analysis
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 070 Documentary media, educational media, news media; journalism; publishing > 070.1 Documentary media, educational media, news media
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 24 Jun 2019 02:52
Last Modified: 25 Oct 2021 03:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163381
[thumbnail of Fachriyati Athfinah.pdf]
Preview
Text
Fachriyati Athfinah.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item