Arto, Wahyu Dwi (2018) Analisis Retorika Visual dalam Food Photography di Instagram @mlggoodplace. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Food photography dalam pengertian sederhana adalah teknik memotret makanan menjadi lebih menggoda. Dalam industri kuliner, seperti produsen makanan, rumah produksi, periklanan, hotel, kafe, dan lainnya, fotografi makanan mutlak dibutuhkan. Tujuan dengan adanya food photography bagi pengusaha kuliner adalah melakukan kegiatan promosi menggunakan food photography secara ideal, dengan demikian orang menyukai berbagai macam kuliner akan tertarik untuk mencicipi apa yang telah mereka lihat dari karya foto tersebut. Food photography sebagai bagian dari commercial photography, karya food photography bersifat memberikan informasi dan membentuk citra pada benak konsumen untuk menarik perhatian dan mengarahkan khalayak melalui media. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pemaknaan pesan menggunakan retorika visual sebagai teori utama dengan fokus pada perspektif segitiga retorika untuk mendeskripsikan mengenai penggunaan elemen-elemen visual di dalam foto Food Photography di Instagram @mlggoodplace. Metode penelitian skripsi ini adalah termasuk penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa berbagai unsur visual yang ditampilkan seperti warna, tekstur, komposisi, dan angle sangat penting dalam membantu audiens menangkap pesan dari food photography tersebut sehingga audiens akan terpengaruh dengan foto tersebut. Selain itu latar belakang budaya dan sosial yang tersirat dalam food photography akan menekankan pada audiens mengenai apa yang hendak disampaikan oleh food photographer. Sebuah caption yang terkadang terdapat di bawah foto juga dapat membantu audiens dalam mendapatkan informasi lebih mengenai makanan yang diunggah oleh food photographer.
English Abstract
Food photography in a simple sense is the technique of photographing food becomes more tempting. In the culinary industry, such as food producers, production houses, advertising, hotels, cafes, and others, food photography is absolutely necessary. The goal with the food photography for culinary entrepreneurs is to conduct promotional activities using food photography ideally, so people love the various culinary will be interested to taste what they have seen from the photo work. Food photography as part of commercial photography, food photography works is to provide information and form an image in the minds of consumers to attract attention and direct the audience through the media. This study aims to know and analyze the meaning of messages using visual rhetoric as the main theory with a focus on the perspective of rhetorical triangle to describe the use of visual elements in the photographs of Food Photography at Instagram @mlggoodplace. The research method of this thesis is including qualitative research. Data collection techniques in this study using interviews and observation. The results of this study indicate that various visual elements such as color, texture, composition, and angle are important in helping the audience capture the message from the food photography so that the audience will be affected with the photo. In addition, the cultural and social background implied in food photography will emphasize the audience about what the food photographer wants to convey. A caption sometimes under the photo can also help the audience get more information about food uploaded by the food photographer.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIS/2018/572/051806980 |
Uncontrolled Keywords: | Retrorika Visual, Food Photography, Photographer-Visual Rhetoric, Food Photography, Photographer |
Subjects: | 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.3 Social interaction within groups > 302.302 85 Computer aplications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 25 Jul 2019 01:31 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 02:28 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163357 |
Preview |
Text
Wahyu Dwi Arto.pdf Download (17MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |