Analisis Tahapan Konstruksi Masyarakat Islam Dalam Memahami Kegiatan Amar Ma'ruf Nahi Munkar FPI (Studi Deskriptif Pada Masyarakat Islam Kelurahan Benda, Kecamatan Benda Kota Tangerang Terhadap FPI DPC Benda Tangerang)

Aulia, Putri (2018) Analisis Tahapan Konstruksi Masyarakat Islam Dalam Memahami Kegiatan Amar Ma'ruf Nahi Munkar FPI (Studi Deskriptif Pada Masyarakat Islam Kelurahan Benda, Kecamatan Benda Kota Tangerang Terhadap FPI DPC Benda Tangerang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman masyarakat Islam di Kelurahan Benda dalam menilai makna kegiatan amar ma'ruf nahi mungkar FPI DPC Benda yang bertujuan untuk membantu masyarakat dalam mengurangi perilaku menyimpang yang meresahkan warga di Kelurahan Benda. Tujuan penelitian ini adalah ingin menjelaskan bagaimana pemahaman tentang nilai keislaman di masyarakat Kelurahan Benda yang menilai bahwa amar ma 'ruf nahi mungkar sebagai kewajiban semua umat islam untuk bersama menjalankannya dan kemudian hadirnya FPI di masyarakat semakin mengurangi keberadaan tempat-tempat yang meresahkan di Kelurahan Benda yang akhirnya membuat eksitensi FPI semakin diakui oleh masyarakat. Penelitian ini juga akan mengkaji proses dialektika masyarakat yang memiliki beragam komentar dan sikapnya terhadap FPI DPC Benda sebagai bentuk rasa simpati terhadap kehadiran FPI di wilayahnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dalam membantu analisis, peneliti menggunakan kerangka teori kontsruksi sosial oleh Peter L Berger yakni konsep dialektika dimulai melalui tahap Obyektivasi, Eksternalisasi, dan Internalisasi yang melihat bahwa masyarakat adalah subjek dari penelitian ini yang beraktivitas dan berhubungan langsung dengan FPI. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa proses konstruksi makna ini dimulai dari tahap obyektivasi masyarakat yang memiliki pengetahuan Islam untuk mempertahankan nilai ahlusunnah wal j amaah di Kelurahan benda dengan salah satunya mendukung kegiatan anti kemaksiatan. Selanjutnya pada tahapan eksternalisasi masyarakat yang meyakini bahwa amar ma 'rut. nahi mungkar perlu dilakukan bersama dengan turut terlibat dalam beberapa kegiatan yang dilakukan FPI namun disisi lain adapula masyarakat yang tidak ikut dikarenakan kesibukan dalam mengurus kegiatan majlis ta'lim nya. Tahap yang terakhir adalah internalisasi dari hasil kegiatan yang dilakukan masyarakat dengan FPI, mereka merasakan adanya hasil yang positif dari aksi FPI yakni berkurangnya tempat maksiat dan proses kegiatan keagamaan semakin kondusif berkat diamankan oleh FPI.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/800/051810829
Uncontrolled Keywords: Konstruksi Makna, Amar Ma'ruf Nahi Munkar, Masyarakat Islam, FPI DPC Benda
Subjects: 200 Religion > 297 Islam, Babism, Bahai Faith > 297.9 Babism and Bahai Faith
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 24 Jun 2019 07:38
Last Modified: 22 Oct 2021 05:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163301
[thumbnail of Putri Aulia.pdf]
Preview
Text
Putri Aulia.pdf

Download (18MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item