Upaya Diplomasi Publik Jepang Melalui Program Muslim Friendly Tourism untuk Membangun Citra Positif Jepang Sebagai Negara Kunjungan Wisata Ramah Muslim Pada Tahun 2013-2017

Rahadi, Aria (2018) Upaya Diplomasi Publik Jepang Melalui Program Muslim Friendly Tourism untuk Membangun Citra Positif Jepang Sebagai Negara Kunjungan Wisata Ramah Muslim Pada Tahun 2013-2017. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam beberapa dekade terakhir, diplomasi publik menjadi salah satu instrumen penting dalam melangsungkan hubungan internasional. Berbeda dengan diplomasi tradisional dimana pemerintah merupakan aktor tunggal dari adanya proses diplomasi, diplomasi publik melibatkan aktor yang tidak berasal dari pemerintah saja, akan tetapi organisasi non pemerintah, media hingga individu dapat terlibat dalam proses diplomasi publik itu sendiri. Jepang merupakan salah satu negara yang menggunakan instrumen diplomasi publik dalam melangsungkan hubungan internsional. Jepang sebaga negara kunjungan pariwisata dengan pengelolaan pariwisata terbaik pada tahun 2011 mendapatkan stereotype Jepang sebagai negara kunjungan wisata kurang ramah muslim. Melalui upaya diplomasi publik pada program Muslim Friendly Tourism, Jepang berusaha merepresentasikan citra positif Jepang sebagai negara kunjungan wisata ramah muslim.

English Abstract

In the last few decades, public diplomacy has become one of the key instruments of international relations. Unlike traditional diplomacy where the government is the only actor of the diplomacy process, public diplomacy involves nongovernmental actors, non-governmental organizations, media and individuals can be involved in the process of public diplomacy. Japan is one of the countries that use the instrument of public diplomacy in establishing international relations. Japan as a best tourism management and destination of tourism in 2011 get negative stereotype as a tourism destination less muslim friendly tourism. Through the efforts of public diplomacy on the Muslim Friendly Tourism program, Japan tries to represent the positive image of Japan as a muslim touristfriendly tourism country.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/509/051806830
Uncontrolled Keywords: Diplomasi Publik, Muslim Friendly Tourism, Jepang.-Public Diplomacy, Muslim Friendly Tourism, Japan.
Subjects: 300 Social sciences > 382 International commerce (Foreign trade) > 382.7 Tariff policy
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 23 Apr 2019 02:33
Last Modified: 22 Oct 2021 01:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163282
[thumbnail of Aria Rahadi.pdf]
Preview
Text
Aria Rahadi.pdf

Download (10MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item