Modalitas Kemenangan M. Husni Djibril Pada Pemilihan Bupati Kabupaten Sumbawa Tahun 2015

Qadri, Gorbi Mizan (2018) Modalitas Kemenangan M. Husni Djibril Pada Pemilihan Bupati Kabupaten Sumbawa Tahun 2015. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam sejarah kontestasi politik di Kabupaten Sumbawa seperti Pemilukada, belum pernah ada seorang berlatar politisi yang berhasil memenangkan sebuah Pemilukada. Terlebih calon tersebut adalah seorang politisi yang tidak memiliki modal yang besar bersama pasangannya, sedangkan dua lawan politiknya dalam Pemilukada adalah kandidat yang memiliki modal ekonomi yang besar dan ada juga yang mendapatkan dukungan langsung dari petahana. Dimana seorang yang mendapatkan dukungan petahana dianggap memiliki peluang yang lebih besar dari pada para kandidat lainnya, karena dianggap telah memiliki modal lebih seperti tingkat popularitas dan figuritas.. Tetapi hal tersebut masih bisa diminimalisir tergantung bagaimana kekuatan modal yang dimiliki oleh para kandidat. Seorang kandidat haruslah memiliki akumalasi modal yang lebih sehingga mampu memenangkan sebuah kontestasi (Pierre Bourdieu). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mempelajari bagaimana modalitas yang dimiliki oleh para kandidat dalam penyelenggaraan Pemilukada. Studi pada M. Husni Djibril sebagai bupati terpilih di Kabupaten Sumbawa Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2015. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Tehnik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan 4 modalitas dominan yang dimiliki oleh Husni Djibril dibandingkan dengan kandidat lainnya, modalitas tersebut adalah modal politik, sosial, ekonomi, dan budaya. Dari keempat modalitas yang dimiliki oleh M. Husni Djibril tersebut, modal politik dan sosial merupakan modal yang paling dominan. Hal ini membuktikan bahwa Husni Djibril sebagai seorang yang berlatar politisi murni mampu mengakumulasi modal yang dimilikinya, sehingga M. Husni Djibril berhasil memenangkan sebuah kontestasi politik dan sekaligus berhasil menjadi Bupati berlatar politisi pertama di Kabupaten Sumbawa.

English Abstract

In the history of political contestation in Sumbawa Regency such as Pemilukada, there has never been a politician who managed to win a Pemilukada. Especially the candidate is a politican who does not have a large capital with his partner, while his two political opponents in the General Election are candidates who have large economic capital and there is also a direct support from the petahana. Where a person who gets petahana support is considered to have a greater chance than the other candidates, because it is considered to have more capital like the level of popularity and figuritas. But it can still be minimized depending on how the power of capital owned by the candidates. A candidate must have more accumulated capital so as to win a contestation (Pierre Bourdieu). This study aims to analyze and study how the modalities possessed by the candidates in the implementation of Pemilukada. Study on M. Husni Djibril as the elected bupati in Sumbawa Regency of West Nusa Tenggara Province 2015. The method in this research is qualitative research. Data collection techniques with interviews and documentation. The results of this study found 4 dominant modalities owned by M. Husni Djibril compared to other candidates, the modalities are political, social, economic, and cultural capital. Of the four modalities owned by M. Husni Djibril, political and social capital is the most dominant capital. This proves that Husni Djibril as a pure politician is able to accumulate the capital he has, so Husni Djibril has won a political contest and succeeded in becoming the Regent of the first politician in Sumbawa Regency.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/507/051806828
Uncontrolled Keywords: Pemilukada, Modal Sosial, Husni Djibril-Pemilukada, Social Capital, Husni Djibril
Subjects: 300 Social sciences > 324 The political process
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 23 Jul 2019 02:29
Last Modified: 22 Oct 2021 01:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163281
[thumbnail of Gorbi Mizan Qadri.pdf]
Preview
Text
Gorbi Mizan Qadri.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item