Analisis Faktor-faktor Pariwisata yang Mempengaruhi Pendapatan Asli Daerah di Provinsi Sumatera Utara, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi Utara Tahun 2011-2016

Abiatma, Mustofa Faisal (2018) Analisis Faktor-faktor Pariwisata yang Mempengaruhi Pendapatan Asli Daerah di Provinsi Sumatera Utara, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi Utara Tahun 2011-2016. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pendapatan asli daerah Provinsi Sumatera Utara, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi Utara dipengaruhi beberapa faktor-faktor pariwisata. Di lima provinsi tersebut menggali potensi wisata yang ada merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan pendapatan asli daerah yang merupakan indikator kemandirian suatu daerah. Namun perlu diperhatikan juga faktor-faktor pariwisata yang mendukung pendapatan daerah ini agar untuk ke depannya bisa menjadi sarana untuk meningkatkan kemandirian daerah melalui pendapatan asli daerahnya.studi ini mengulas adanya pengaruh yang signifikan dari keempat aktor pariwisata yang diuji yakni tingkat hunian hotel berbintang, tingkat hunian hotel tidak berbintang, jumlah wisatawan, dan pengeluaran pariwisata. Oleh karena itu, dalam mengambil kebijakan, pemerintah dalam mengembangakan potensi objek wisata di provinsi masing-masing dapat mempetimbangkan keberadaan keempat faktor tersebut guna meningkatkan pendapatan asli daerah dari berbagai wisatawan yang berkunjung.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2018/477/051809592
Uncontrolled Keywords: tingkat hunian hotel, jumlah wisatawan, pengeluaran wisatawan, pengeluaran asli daerah,
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services > 338.47 Services and specific products > 338.479 1 Services and specific products (Geography and travel)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 11 Apr 2019 02:53
Last Modified: 20 Oct 2021 06:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163134
[thumbnail of Mustofa Faisal Abiatma.pdf]
Preview
Text
Mustofa Faisal Abiatma.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item